JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang lebih dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) kini telah bergeser menjadi creating shared values (CSV).
Perbedaan utama antara keduanya adalah CSR berbicara tentang responsibility sedangkan CSV sudah berada pada penciptaan nilai bersama atau creating value.
Konsep CSV bisa diartikan sebagai CSR berkelanjutan dari sebuah perusahaan yang concern tidak hanya pada dampak sosial, tetapi juga dampak ekonomi.
Bentuk CSV sejauh ini merupakan bentuk yang ideal sebagai wujud tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat di lingkungan perusahaan khususnya dan masyarakat makro pada umumnya.
Nah berikut ini beberapa perbedaan antara CSR dan CSV seperti dikutip dari Youtube Rio Zakarias, Kamis (16/9/2021).
1. Value
Kalau CSR berbuat baik, sedangkan CSV sudah membicarakan masalah keuntungan sosial dan ekonomi.
2. Konsep
CSR lebih ke citizenship, philantropy dan sustainability, sedangkan CSV terkait penciptaan value atau value creation secara bersama antara perusahaan dan komunitas.
3. Sifat
CSR kebijakan atau respons dari tekanan luar sedangkan CSV Terintegrasi dengan daya saing usaha.
4. Hasil
CSR terpisah dari capaian keuntungan sedangkan CSV Terintegrasi dengan pencapaian keuntungan.
5. Agenda
CSR ditentukan oleh laporan luar yang sifatnya reaktif sedangkan CSV dibuat dan ditentukan secara spesifik dari dalam organisasi.
6. Dampak
CSR terbatas pada anggaran CSR dan peninggalan nama perusahaan sedangkan CSV terintegasi dengan keseluruhan anggaran perusahaan.