Senin, 05 Desember 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem

Posted by: 07-09-2022 14:05 WIB 1103 viewer

BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem
BSI Konsisten Menerapkan Green Economy dan Menciptakan Islamic Ecosystem

INFOBRAND.ID-Pembangunan ekonomi berkelanjutan terus di lakukan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Salah satu bentuk implementasinya adalah konsistensi dalam menerapkan green economy, salah satu topik pembicaraan presidensi G20.

Banyak hal yang dijalankan bank syariah milik negara itu. Di Aceh misalnya, BSI membangun gedung landmark dengan mengusung konsep green building yang hemat energi dan ramah lingkungan. Gedung yang akan menjadi ikon Aceh ini, sekaligus menjadi penanda dukungan BSI untuk meningkatkan perekonomian Aceh secara berkelanjutan.

Kickoff pembangunan gedung tertinggi di Aceh itu dilakukan oleh Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Bersama Wali Nanggroe Aceh PYM Tgk Malik Mahmud Al-Haytar, Asisten Deputi Bidang Jasa Keuangan Kementerian BUMN Muhammad Khoerur Roziqin, Asisten Administrasi dan Umum Gubernur Aceh Iskandar AP dan Direktur Utama PT PP (persero) Novel Arsyad di Banda Aceh.

IKLAN INFOBRAND.ID

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, pembangunan Gedung BSI Aceh ini juga untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam Presidensi G20 yaitu, pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dengan membangun kota hijau dan mengendalikan perubahan iklim global.

“Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir, pada langkah permulaan ini, kami mulai pembangunan gedung BSI yang ramah lingkungan dan hemat energi ini di Banda Aceh, sekaligus bagian dari mengimplementasikan konsep environmental, social, and governance (ESG),” kata Hery.

Gedung BSI Aceh ini mencakup ruang terbuka hijau dalam pemilihan material hardscape yang ramah lingkungan dan mengoptimalkan penyerapan air pada lahan yang tersedia, serta menggunakan energi solar panel. Gedung tersebut nantinya terdiri dari 10 lantai dengan tinggi 46,6 meter dan menjadi gedung perkantoran tertinggi yang dilengkapi dengan ruang terbuka hijau.

Selain mengusung konsep green building, nantinya gedung tersebut juga dirancang mengakomodir unsur budaya dan kearifan lokal dalam desain arsitektur maupun pemanfaatan ruang.

 Pembangunan keuangan berkelanjutan, lanjut Hery, menjadi salah satu komitmen perseroan atas tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan project green campaign dan kepedulian terhadap lingkungan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk itu BSI secara konsisten akan terus mendukung keuangan berkelanjutan, Terkait implementasi  ESG, BSI mencatat penyaluran pembiayaan hingga Juni 2022 mencapai Rp50,05 triliun. Sedangkan dana untuk Corporate Social Responsibility (CSR) perseroan yang mengusung konsep people, planet, dan profit (3P) telah tersalurkan sebesar Rp84,1 miliar ke berbagai sektor socioeconomic.

BSI juga berkomitmen dalam menjaga nilai-nilai syariah dalam menyalurkan pembiayaan dengan memberikan pembiayaan sehat dan berkelanjutan, sehingga dapat menjaga keberlangsungan kehidupan dan lingkungan.

Perseroan juga terus memacu pertumbuhan KUR dan BSI Smart untuk membantu masyarakat, agar semakin mudah memperoleh akses permodalan maupun berbagai layanan transaksi keuangan. Dengan demikian, akselerasi peningkatan ekonomi masyarakat dapat terus dilakukan.

Upaya strategis itupun akan mendorong inklusifitas dan aksesibilitas layanan jasa perbankan syariah bagi seluruh masyarakat, termasuk di Provinsi Aceh hingga ke pelosok. Hery berharap dengan peningkatan kinerja tersebut, kedepannya masyarakat dengan mudah dapat mengakses permodalan sesuai prinsip syariah.

“Khusus untuk KUR, sejak awal tahun hingga Juni 2022 BSI telah menyalurkan hingga Rp1,368 triliun, dengan jumlah penerima KUR sebanyak 20.531 orang,” papar Hery. Secara nasional, realisasi pembiayaan KUR BSI per Juni 2022 sebesar Rp6,340 triliun dengan jumlah penerima KUR sebanyak 59.034 orang.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sementara untuk agen BSI Smart di Aceh saat ini berjumlah 9.111 agen. Jumlah transaksi lebih dari 6 juta transaksi dengan nilai mencapai lebih dari Rp15 triliun per Juni 2022,” lanjut Hery merinci.

Menurut Hery, banyaknya jumlah agen BSI Smart di Aceh merupakan langkah perseroan menjangkau dan melayani masyarakat untuk mengakses layanan jasa perbankan. Agen BSI Smart hadir untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi jasa keuangan sehari-sehari.

Seluruh inovasi tersebut merupakan bagian dari upaya BSI dalam mengembangkan Islamic ecosystem.

Beberapa fitur yang dapat diakses masyarakat di agen BSI Smart di antaranya adalah pembukaan rekening tabungan BSI Smart, penarikan, penyetoran dan transfer uang, penarikan bantuan sosial, penarikan Program Indonesia Pintar, pembayaran e-commerce, pembayaran PLN, pulsa, paket data dan internet, pembayaran zakat dan Infaq, serta isi ulang e-wallet.

“Insyaallah, langkah-langkah ini bisa semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dan mengakses layanan jasa keuangan perbankan syariah,” kata Hery.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Teknologi Plasmacluster SHARP Berhasil Menunjukan Efektifitasnya Kurangi Novel Coronavirus

Teknologi Plasmacluster SHARP Berhasil Menunjukan Efektifitasnya Kurangi Novel Coronavirus
INFOBRAND.ID-Sharp Corporation tidak pernah berhenti untuk terus melakukan pengujian terhadap teknologi Plasmacluster guna berkontribusi dalam melindu...


Pigeon Hadirkan Botol Susu Berteknologi T-Ester

Pigeon Hadirkan Botol Susu Berteknologi T-Ester
INFOBRAND.ID-Di era digital sekarang ini, tak jarang ibu dituntut menjalani multiperan dan membuatnya tidak selalu bisa bersama buah hati dalam 24 jam...


DFSK  Luncurkan Mobil Listrik Ambulans Pertama di Indonesia

DFSK Luncurkan Mobil Listrik Ambulans Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID-DFSK menunjukan komitmennya secara kuat dalam memacu era elektrifikasi di Indonesia dengan berbagai teknologi. Sejumlah kendaraan penumpa...


Dukung Brand Lokal Tumbuh, Hypefast Gelar Indonesia Brand Founders Summit 2022

Dukung Brand Lokal Tumbuh, Hypefast Gelar Indonesia Brand Founders Summit 2022
INFOBRAND.ID-Hypefast bersama Forbes Indonesia, didukung oleh Habibie Center, Future City Accelerator serta School of Government & Public Policy,...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus