Kamis, 28 Oktober 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Brand Choice Award 2021, Referensi Memilih Produk Terbaik

Posted by: 30-03-2021 17:42 WIB 1301 viewer

Brand Choice Award 2021, Referensi Memilih Produk Terbaik
Indonesia Brand Choice Award.

JAKARTA - Menjadi brand pilihan masyarakat (Brand Choice) tentu diinginkan oleh setiap brand. Artinya produk yang ditawarkan akan dibeli oleh masyarakat. Untuk mencapai hal itu ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, salah satunya bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan brand equity, sebagai brand yang layak dipilih oleh konsumen.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, digitalisasi telah mendisrupsi hampir seluruh lini bisnis dalam waktu singkat. Jika sebelumnya sebuah brand perlu melewati proses yang tidak sebentar untuk memiliki brand equity yang kuat. Sementara, pesatnya perkembangan teknologi digital membuat proses membangun brand equity dengan lebih cepat.

Kehadiran teknologi digital memungkinkan setiap orang tanpa terkecuali, mendapatkan informasi tentang brand yang cukup akurat dalam hitungan detik. Lengkap dengan informasi pembanding antara satu brand dengan brand lainnya di kategori yang sama.

Kondisi itu semakin lengkap dengan kehadiran e-commerce atau marketplace yang tidak hanya menyajikan kelengkapan produk dari seluruh brand. Bahkan, memanjakan konsumen melalui tools, seperti search, rating, ataupun review. Pilihan dan informasi tersebut membuat konsumen menjadi lebih mudah dalam menemukan pembelian suatu produk. Dan yang patut dicatat, konsumen tidak hanya menginstal satu aplikasi market place.

“Harga, review atau ratting serta informasi yang akurat terkait produk adalah value yang bisa menjadi faktor utama pendorong konsumen untuk memilih dan membeli bahkan merekomendasikan sebuah produk di dunia digital, khususnya e-commerce,” ungkap Tri.

TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang sejak awal mendedikasikan diri terhadap penelitian akan perkembangan brand & bisnis di Indonesia, khususnya riset berbasis digital, menginisiasi survei Brand Choice Index, riset keterpilihan sebuah brand atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan survey digital melalui platform market place atau e-commerce.

Survei Brand Choice Index berdasarkan 3 (tiga) Aspek Penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. Brand Awareness diukur berdasarkan banyaknya ulasan brand di internet dan banyaknya brand dicari di internet dengan mengacu kepada data mesin pencari.

Brand Choice diukur berdasarkan banyaknya transaksi penjualan yang dilakukan brand terhadap suatu produk di suatu kategori melalui official store marketplace di Indonesia. Brand Reviews & Rating diukur berdasarkan banyaknya ulasan dan penilaian yang diberikan konsumen terhadap produk yang dibeli dan digunakan. Selanjutnya, Brand-brand yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, berhak meraih penghargaan BRAND CHOICE AWARD 2021.

“Kami berharap, BRAND CHOICE AWARD 2021 dapat meningkatkan brand value dan menjadi referensi konsumen dalam memilih Produk terbaik di kategori bisnisnya masing-masing,” jelas Tri.

Panji Nurdiyan Syah, Editor in Chief Infobrand.id menambahkan, semakin beragamnya produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya, secara tidak langsung telah menciptakan kompetisi sengit. Dalam kompetisi ini, peran konsumen begitu penting untuk menentukan posisi brand pilihan. Tantangan untuk produsen pun semakin sulit, mana kala keterbukaan informasi melahirkan konsumen yang selektif.

Dengan kata lain, dalam hitungan detik, mereka akan dengan mudahnya merubah pilihannya. Atau pun sebaliknya, loyalitas mereka akan tanpa batas. Konsumen adalah faktor utama keberhasilan sebuah merek membangun brand-nya dan juri penentu untuk keberlangsungan sebuah brand berkompetisi.

Meski demikian, untuk menjadi brand pilihan konsumen Indonesia tentu bukanlah perkara mudah. Pesan berulang yang disampaikan oleh merek dalam berbagai momen, dan melalui berbagai macam channel baik media cetak, elektronik, hingga sosial media, mutlak dilakukan oleh sebuah brand.

Kontinuitas pesan tersebut tentu diharapkan akan membangun kemampuan konsumen untuk mengenali sebuah merek, memilih, dan menggunakannya. Selanjutnya, brand dituntut untuk membangun engagement dengan konsumennya dengan tujuan menciptakan loyalitas konsumen.

Untuk pertama kalinya TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID melakukan survei Brand Choice Index, untuk mengukur keterpilihan sebuah merek berbasis marketplace di Indonesia.

Dan tentu untuk menilai sebuah BRAND CHOICE di sebuah kategori bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan penilaian yang objektif dan komprehensif, baik data yang akurat, popularitas merek di mata konsumennya, jumlah produk yang terjual, hingga review atau ulasan konsumen yang telah memilih produk tersebut.

Brand-brand dengan total skor tertinggi di kategori produknya, selanjutnya berhak meraih predikat BRAND CHOICE AWARD 2021. Award ceremony akan diselenggarakan pada tanggal 7 April 2021.

“Kami berharap Brand Choice Award ini mampu memunculkan secara riil brand-brand pilihan konsumen. Dan semakin memacu kinerja perusahaan untuk konsisten menjadi merek PILIHAN konsumen Indonesia,” tutup Panji.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Gelar Webinar Berseri, Paper.id Ajak Pelaku Bisnis Percepat Supply Chain Digital

Gelar Webinar Berseri, Paper.id Ajak Pelaku Bisnis Percepat Supply Chain Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Paper.id menggelar webinar berseri dari tanggal 7 Oktober - 28 Oktober 2021. Bekerjasama dengan beberapa institusi ternama sep...


Akuberbagi.com dan Dompet Dhuafa Bangun Saluran Air Bersih

Akuberbagi.com dan Dompet Dhuafa Bangun Saluran Air Bersih
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berkomitmen untuk terus memberikan dampak positif bagi banyak orang, AkuBerbagi.com yang didukung oleh PT Asuransi Jiwa G...


Samsung Innovation Campus Bekali Lulusan SMK  Dengan Web Programming

Samsung Innovation Campus Bekali Lulusan SMK Dengan Web Programming
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Samsung Electronics Indonesia sebagai pemimpin pasar produk teknologi terdepan kembali menghadirkan Samsung Innovation Campus...


Keunggulan Produk HAVAL JOLION Diakui Pengguna Global

Keunggulan Produk HAVAL JOLION Diakui Pengguna Global
  BAODING, Tiongkok, 27 Oktober 2021 /PRNewswire/ -- Penjualan HAVAL JOLION buatan GWM meningkat pesat di beragam pasar luar n...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index