Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023

Posted by: 1790 viewer

Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023
Virtual Award Ceremony Top Official Store Award Tahun 2021.

INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital dan pandemi covid-19 telah meningkatkan aktivitas belanja online di kalangan masyarakat. Meningkatnya potensi ekonomi di ranah digital pun telah mendorong brand untuk hadir di ranah digital terutama marketplace.

Banyaknya brand yang hadir di marketplace pun membuat persaingan bisnis di ranah digital semakin sengit. Untuk memenangkan persaingan, berbagai strategi harus dilakukan, salah satunya membangun official store, yang tidak hanya sebagai channel penjualan digital, tapi juga untuk meningkatkan brand awareness sebuah brand di ranah digital.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, semakin banyaknya pelaku bisnis atau brand memasarkan produknya secara online di platform marketplace membuat persaingan menjadi semakin sengit. Disuguhkan banyaknya produk dari beragam kategori yang ada akhirnya membuat konsumen semakin sulit untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurutnya, salah satu cara efektif untuk menemukan produk berkualitas baik adalah dengan membelinya di official store, karena berani menjamin produk 100% asli. Karena itu bagi sebuah brand yang hadir di marketplace, official store juga menjadi sesuatu yang wajib. Karena bagi brand sendiri, ada banyak keunggulan yang didapatkan seperti; brand menjadi lebih mudah dicari, tampilan toko online menjadi lebih menarik, dapat mengakses data penjualan, hingga mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Memahami hal tersebut, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan consulting yang fokus pad penelitian dan perkembangan brand, menghadirkan Top Official Store Award 2023, sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada official store yang sukses memasarkan produknya melalui marketplace.

“Top Official Store Award 2023 ini merupakan penyelenggaraan kali ke-tiga. Penghargaan sebelumnya telah digelar pada tahun 2021 dan tahun 2022, dan telah dikui oleh brand-brand terkemuka di Indonesia,” ungkap Susilowati Ningsih.

Susi menjelaskan, Top Official Store Award bertujuan untuk; Memberikan apresiasi kepada Perusahaan-perusahaan atau Brand-brand yang berhasil meningkatkan kinerja perusahaan melalui channel marketplace. Menjadi sebuah bukti pengukuhan bagi perusahaan-perusahaan atau brand-brand atas aktivitas pemasaran produk sepanjang satu tahun terakhir melalui marketplace di Indonesia. Dengan demikian Top Official Store Award 2023 dapat menambahkan kepercayaan konsumen di marketplace. Dan dapat mendorong seluruh perusahaan-perusahaan atau brand-brand di Indonesia untuk mengoptimalkan channel marketplace untuk meningkatkan penjualan produk atau jasanya.

“Melalui penghargaan ini diharapkan semakin mengukuhkan official store yang dimiliki oleh brand-brand sebagai toko yang tepat bagi konsumen untuk membeli produk yang berkualitas. Logo Top Official Store Award 2023 juga diharapkan dapat berkontribusi sebagai sarana membangun kepercayaan, karena membuat konsumen semakin mudah menemukan brand berkualitas,” ungkap Susilowati Ningsih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Susi juga mengatakan, untuk awarding ceremony akan dilaksanakan secara offline, pada 28 Februari 2023, di The Hotel Sultan Jakarta. Seperti biasa, untuk memberikan wawasan kepada para brand-brand peraih penghargaan, awarding ceremony juga akan dibarengi dengan seminar yang akan disampaikan oleh nara sumber berkompeten di bidangnya.

Sementara itu, untuk melakukan penilaian official store dari brand-brand yang ada di marketplace, INFOBRAND.ID menggandeng TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, untuk melakukan Riset Top Official Store Index. Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, riset dilakukan dengan pendekatan metode desk research dengan tiga aspek penilaian yakni; Store Sales Aspect, untuk mengukur banyaknya transaksi penjualan produk yang dilakukan oleh official store. Store Reviews & Rating Aspect, untuk mengukur banyaknya ulasan dan angka penilaian yang diberikan oleh konsumen terhadap produk dan official store. Dan Store Followers Aspect, untuk mengukur banyaknya pengikut dari official store.

“Penilaian TOP Official Store Award dilakukan mulai bulan September - November 2022 dengan total lebih dari 9.700-an Official Store di Indonesia,” ungkap Tri Raharjo.

Selanjutnya, peraih TOP Official Store Award 2023 dinilai telah memenuhi 3 kriteria penilaian sebagai berikut; Official Store terdaftar secara resmi di marketplace. Official Store memiliki penjualan produk diatas 25.000 produk dengan angka penilaian/rating konsumen minimal diangka 4 (star) atau lebih. Dan Official Store peraih masuk kedalam TOP 500 Official Store Index berdasarkan hasil penilaian.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...