Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BAF Bagikan Strategi dan Peluang Usaha Baru di Awal Tahun

Posted by: 1987 viewer

BAF Bagikan Strategi dan Peluang Usaha Baru di Awal Tahun
Dok. PT Bussan Auto Finance

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Masa pandemic yang berlangsung hamper 2 tahun ini memiliki banyak dampak bagi seluruh sektor, tidak hanya menengah atas namun menengah bawah pun terkena imbasnya. Banyak beberapa perushaaan harus memutar otak Kembali agar bisa bertahan dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan baik itu melakukan inovasi terbaru, promosi dan menjual produknya agar bisa menarik minat masyarakat.

Salah satunya adalah perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan dengan berkonsentrasi kepada pembiayaan sepeda motor YAMAHA. BAF memiliki salah satu acara dalam mempertahankan keeksisannya di dunia bisnis dengan meng-accelerate digitalisasi dalam semua lini proses yang ada di perusahaan agar mampu beradaptasi dengan kondisi new normal. Selain itu, BAF juga melakukan optimalisasi pada platform digital lainnya seperti website dan social media serta berkolaborasi dengan stakeholder terkait.

Dalam wawancara dengan infobrand.id, Pangestu Wibowo selaku Head Of Marcom and Branding PT. Bussan Auto Fianance (BAF) menyatakan beberapa ulasan mengenai strategi perusahaan dalam membangun citra diri Kembali di masa pandemic ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ia menyatakan “Selain perbaikan proses akuisisi konsumen dan optimalisasi penggunaan BAF Mobile, BAF menjalankan strategi penjualannya dengan memperluas jaringan distribusi serta pangsa pasar dengan memanfaatkan berbagai channel pemasaran yang diantaranya adalah platform digital, baik social media, website perusahaan maupun kombinasi dari keduanya. Penggunaan Customer Relationship Management System juga menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan engagement dengan konsumen sehingga diharapkan dapat meningkatkan target Repeat Order.”

Selain itu, Strategi lain yang tak kalah pentingnya dilakukan adalah dengan account maintenance/penanganan collection juga dilakukan oleh BAF. Terutama untuk menangani konsumen yang kapasitas bayarnya menurun akibat pandemi, antara lain dengan risk based collection assignment yang memaksimalkan penggunaaa tele collection untuk mengurangi interaksi langsung dengan konsumen, memaksimalkan pembayaran melalui online payment serta monitoring yang kuat dengan mobile collection system.

Selanjutnya untuk pemasaran produknya sendiri selama masa sulit ini, Pangestu menambahkan “BAF menetapkan langkah strategis untuk memasarkan produk dan layanannya dengan mengoptimalkan penggunaan multi-channel marketing, mulai dari Above The Line melalui media cetak dan Out of Home (OOH), Below The Line (melalui email marketing & telemarketing), dan Through The Line (media sosial dan event). Dengan ini diharapkan dapat memperkaya strategi pemasaran BAF dengan beragam pendekatan ke konsumen sehingga menjadi lebih efektif.” Jelasnya.

Perlu diketahui dalam masa sulitnya beraktifitas sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor YAMAHA, BAF meluncurkan inovasi baru yakni BAF x Yamaha Year End Sale. Melalui program tersebut, BAF menawarkan tiga skema cicilan, yakni Promo Diskon 2x Cicilan, Promo Diskon Cicilan senilai Rp35.000,-/bulan, dan Promo Diskon Cicilan senilai Rp48.000,-/bulan.

Promo Diskon 2x Cicilan dikhususkan bagi konsumen yang ingin membeli motor Yamaha tipe NMAX dan Aerox Series dengan skema tenor 35 bulan. Nantinya, konsumen akan mendapatkan potongan tenor dari 35 bulan menjadi 33 bulan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Respon masyarakat pun sangat puas dengan hadirnya program baru dari BAF, Pangestu mengungkapkan Aerox sangat diminati oleh konsumen, sehingga penjualan meningkat  12,5% dari bulan sebelumnya, dimana untuk di type nmax serta Aerox kenaikan sebesar 15%, dan kontribusi didominasi oleh 2 type tersebut yakni sebesar 70%. Saat ini kondisi stok Yamaha di type areox mengalami kekosongan unit, atau sedang indent.

Selain itu, untuk beberapa promo yang akan datang. BAF akan meluncurkan di bulan Februari – Maret  “Cinta Bersemi bersama Fazzio”, bulan April “Sucikan Hati bersama keluarga Maxi”, bulan Mei “Sambut hari kemenangan dengan Maxi kebanggaan”, bulan Agustus hadir program “PAMER"( Paket Merdeka ) BERSASMA FAZZIO”, pada bulan September hadir “ SILVER PROMO "THINK OUTSIDE THINK FAZZIO" dan di bulan Desember akan hadir pula program baru bernama “GELEGAR R- SERIES DI TAHUN BARU”.

Selama pandemi berlangsung, BAF terus berinovasi dan beradaptasi dengan mengkonversikan format pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara offline menjadi online (virtual), contohnya BAF Festival dan BAF Flash Deal yang dapat diakses melalui www.baf.id/event. Pemanfaatan  lini digital salah satunya BAF media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan TikTok), website BAF, aplikasi BAF Mobile, LINE dan BAF WA Business juga lebih dimaksimalkan selama pandemi mengingat adanya pembatasan kegiatan di luar rumah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...