JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digital brand awareness menjadi salah satu kunci penting dalam memenangkan persaingan di ranah digital. Lantas faktor apa yang menjadi penentu seorang konsumen memilih sebuah produk dari sebuah brand? Pertanyaan tersebut mengemuka dalam virtual press conference Indonesia Digital Popular Brand Award 2021, Jumat (27/8/2021).
Menjawab pertanyaan tersebut, Alex Iskandar – CEO IMFocus Digital Marketing, Sertifie Google Partner mengatakan, untuk beberapa produk yang nilainya tinggi biasanya akan mencari brand yang bagus, dimana definisi bagus menurut masyarakat adalah yang sudah banyak dikenal dan awet. Untuk trend pencarian sendiri masyarakat sebelum membeli sesuatu pastinya akan meriset lebih dalam, mana produk yg bagus sesuai dengan kebutuhannya, makanya ga hanya mengandalkan satu ecommerce saja dan satu brand saja.
“Untuk beberapa merk terbaru tentunya ingin mencapai penjualan yang tinggi, tentunya harus didukung beberapa hal, termasuk marketingnya, promosi, penjualan, kontennya. Di jaman sekarang ini merk akan cepat melejit adalah merk yg bisa viral,” jelas Alex.
Andrew Tanda – CEO Debellin, salah satu penerima penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 mengatakan, yang dilakukan di Debellin adalah dengan memberikan informasi terbaik tentang brand untuk para calin konsumennya. Hal itu dilakukan dengan melakukan edukasi, dengan mengajak beberapa konsumen baru dengan inovasi-inovasi terbaik sehingga menarik minat.
“Dengan demikian menaikkan angka penjualan serta dicari sebagai brand alat masak terbaik,” jelas Andrew.
Masih dari kalangan praktisi brand, Shintia Dewi – Brand Manager Entrasol, salah satu penerima Indonesia Digital Popular Brand lainnya menambahkan, di Entrasol, sebagai brand tentunya merasa senang karna selalu melakukan inovasi baru, sesuai dengan minta masyarakat di masa pandemi ini. Entrasol selalu ingin menjadi kebutuhan konsumen dewasa dan tentunya lansia.
“Ibaratnya selalu jadi jawaban atas segala keinginan konsumen, karena sesuai dengan visi dan misi Entrasol,” jelas Shintia.
Sementara itu, Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia, menambahkan, agar dipilih oleh konsumen, sebuah brand bukan hanya terkenal atau populer di ranah digital. Tapi juga harus memiliki nilai bagi konsumen yang disasar. Selain itu produk juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
“Untuk itu harus didukung dengan konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk itu perlu dilakukan riset lebih mendalam,” jelas Tri.