Selasa, 23 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

50% Gen Z Pilih GrabFood untuk Pesan-Antar Makanan

Posted by: 6462 viewer

50% Gen Z Pilih GrabFood untuk Pesan-Antar Makanan
Layanan Grab Food.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gen Z atau generasi yang lahir pada 1990-an hingga awal 2010-an tengah menjadi sorotan. Adik dari Gen Y atau yang lebih dikenal dengan generasi Milenial menjadi pasar baru yang menjadi perhatian pada pelaku brand.

Menurut sensus Badan Pusat Statistik (BPS), Generasi Z merupakan segmen terbesar di Indonesia yang mencakup 27,94% dari total penduduk. Yang terbaru, lembaga penelitian Katadata Insight Center (KIC) mengeksplorasi preferensi mereka dalam layanan digital yang mencakup belanja online, layanan pesan-antar makanan (food delivary), dan layanan pengantaran sembako (online grocery) dalam survei yang dilakukan di Jabodetabek dan tujuh kota besar lainnya.

Survei tersebut mengungkapkan 50 % Generasi Z memilih GrabFood sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan yang paling sering mereka gunakan dalam 3 bulan terakhir, disusul GoFood (46%), ShopeeFood (3%), dan Maximfood (kurang dari1%). Sebanyak 50% responden mengatakan mereka telah menggunakan layanan pengiriman makanan online. Alasan mereka menggunakan layanan ini antara lain praktis, tidak sempat memasak, dan bosan dengan makanan rumahan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menariknya, survei menemukan bahwa 44% pengguna pengantaran makanan Gen Z adalah pengguna baru yang baru mulai menggunakan layanan ini selama pandemi. Dan 90% dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin untuk terus menggunakan layanan pengiriman makanan setelah pandemi.

Stevanny Limuria, head of research KIC, mengungkapkan, responden yang memilih GrabFood sebagai penyedia layanan pesan-antar pilihan mereka menyatakan bahwa kemudahan penggunaan aplikasi sebagai salah satu alasan utama. Faktor lain yang dipertimbangkan adalah metode pembayaran dan jenis pilihan makanan.

Survei tersebut juga menyorot pola konsumsi layanan digital di kalangan Generasi Z. Pihaknya fokus pada mereka karena mereka lahir dan besar di tengah era teknologi yang berkembang pesat, dengan lahirnya media sosial dan internet.

“Selain mewakili sebagian besar penduduk Indonesia, mereka juga memiliki daya beli yang cukup tinggi,” ujar Stevanny.

Yang menarik, dibanding kakaknya, generasi “digital native” ini dinilai lebih menahan diri, berperilaku baik, dan menghindari risiko. Geni seorang profesional yang bekerja di sebuah perusahaan konsultan media yang sempat diwawancarai mengaku sudah sangat terbiasa menggunakan layanan transportasi dan pengantaran makanan online seperti GrabFood. Namun, sejak pandemi ia juga mulai menggunakan layanan belanja harian (grocery) dan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena alasan praktis.

IKLAN INFOBRAND.ID

Survei ini dilakukan secara online terhadap 1.146 responden antara 13-18 April 2021 dan melibatkan responden berusia 18-29 tahun dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Yogyakarta. Sebanyak 82% responden berusia 18-26 tahun.

Nilai pasar atau Gross Merchandise Value (GMV) layanan pesan-antar makanan di Indonesia diprediksi mencapai USD 3,7 miliar pada 2020 dan tertinggi dibanding tetangganya, yakni Thailand (USD 2,8 miliar), Singapura (USD 2,4 miliar), Filipina (USD 1,2 miliar), dan Malaysia USD 1,1 miliar). Angka-angka ini didapat dari penelitian ventura asal Singapura, Momentum Works, yang meluncurkan hasil riset pada awal tahun ini. Dari riset ini, Grab menjadi pemimpin pangsa pasar dengan 53% di Indonesia.

“Selain kenaikan pengguna baru online shopping, food delivery, dan online grocery, survei ini menangkap keinginan para pengguna baru layanan digital untuk melanjutkannya setelah pandemi berlalu,” tutur Stevanny.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Perlu Dana Tunai? Ajukan BAF Dana Syariah dengan Manfaatkan BPKB Kendaraan

Perlu Dana Tunai? Ajukan BAF Dana Syariah dengan Manfaatkan BPKB Kendaraan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah libur Idulfitri berakhir, dompet biasanya sudah menipis akibat banyaknya pengeluaran. Padahal, masih ada kebutuhan lai...


Danamon Dinobatkan Sebagai Best Retail Bank dalam Penghargaan RBI Asia Trailblazer Awards 2024

Danamon Dinobatkan Sebagai Best Retail Bank dalam Penghargaan RBI Asia Trailblazer Awards 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dengan bangga mengumumkan penerimaan penghargaan bergengsi dari Retail Banker Internat...


Inovasi Tepat Guna Solusi Masa Depan yang Lebih Baik

Inovasi Tepat Guna Solusi Masa Depan yang Lebih Baik
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Dunia yang terus berkembang dengan cepat, tantangan-tantangan kompleks muncul setiap hari. Dari masalah lingkungan hingga kris...


Kolaborasi APJII-Starlink, Tingkatkan Akses Internet Indonesia

Kolaborasi APJII-Starlink, Tingkatkan Akses Internet Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) secara resmi mengumumkan kerja sama dengan PT. Starlink Services Indone...