Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

5 Marketplace Dominasi Pasar Digital di Indonesia

Posted by: 2275 viewer

5 Marketplace Dominasi Pasar Digital di Indonesia
Marketplace.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Meningkatnya aktivitas belanja daring di Indonesia juga ditandai dengan banyaknya marketplace yang fokus melayani market Indonesia. Mulai dari marketplace lokal, hingga marketplace luar, yang masing-masing memiliki basis pelanggan yang berbeda, sesuai dengan positioing yang dibangun.

Dalam laporan Q3 2021 ini, iPrice merangkum e-commerce lokal maupun regional yang berhasil mendominasi pasar digital di Indonesia. Berdasarkan ranking aplikasi di platform iOS maupun Android, terdapat 5 e-commerce lokal yang berhasil berada pada 10 peringkat teratas aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tokopedia, Sociolla, Bukalapak, Blibli, Matahari, dan My Hartono.

Shopee, salah satu e-commerce regional yang beroperasi di hampir seluruh negara di Asia Tenggara, secara konsisten menduduki peringkat pertama ranking aplikasi e-commerce pada Play Store maupun App Store sejak Q4 2018. E-commerce lokal dan regional masih tetap imbang pada 10 peringkat teratas e-commerce dengan jumlah pengunjung website bulanan terbanyak.

IKLAN INFOBRAND.ID

Terdapat 5 e-commerce lokal yang berhasil masuk ke deretan 10 peringkat teratas yaitu Tokopedia pada peringkat pertama dengan jumlah pengunjung website mencapai 158 juta setiap bulannya, Bukalapak pada peringkat ketiga dengan jumlah pengunjung website bulanan 30 jutaan, Blibli mengikuti di peringkat kelima dengan jumlah pengunjung website bulanan 16 jutaan, Ralali di peringkat ketujuh dengan jumlah pengunjung website bulanan 5 jutaan, dan pada peringkat 8 Bhinneka mengikuti dengan jumlah pengunjung website bulanan 4 jutaan.

Berbeda dengan perolehan ranking aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, kini e-commerce lokal Tokopedia berhasil mendominasi sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung website bulanan tertinggi sejak Q1 2021. Merger yang dilakukan Tokopedia dengan perusahaan transportasi online Gojek pada awal tahun 2021 ini rupanya menunjukkan dampak yang positif terhadap peningkatan traffic menuju website Tokopedia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...