Ahad, 16 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Yuswohady: AI Pedang Bermata Tiga

Posted by: 3733 viewer

Yuswohady: AI Pedang Bermata Tiga
Managing Partner Inventure Indonesia, Yuswohady

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dekade 2020-an adalah masa yang krusial dalam sejarah peradaban umat manusia karena di dekade ini untuk pertama kalinya akan terjadi pergantian massal pekerjaan-pekerjaan yang selama ini dilakukan manusia oleh robot yang digerakkan oleh Artificial Intelligence (AI).

Managing Partner Inventure Indonesia, Yuswohady dalam kajian Inventure Knowledge yang bertajuk “How Artificial Intelligence Will Kill Your Business” mengatakan bahwa peran AI bukan cuma membunuh jutaan pekerjaan-pekerjaan yang out-of-date saja, tapi juga melahirkan jutaan pekerjaan-pekerjaan baru yang mengolaborasikan manusia dengan AI (human-AI collaborating jobs).

“Tak terelakkan lagi selama 10 tahun kedepan akan begitu banyak produk, bisnis dan industri yang bakal dibunuh oleh AI. Namun berita gembiranya, ditengah begitu banyak produk, bisnis dan industri yang dibunuh AI, akan muncul lebih banyak lagi produk, bisnis dan industri yang lahir dari kemajuan AI,” kata Yuswohady.

IKLAN INFOBRAND.ID

Yuwsohady menambahkan, secara garis besar, AI terbagi menjadi tiga kelompok bagian yakni Artificial Narrow Intelligence (ANI) yang mengacu pada kemampuan AI untuk melakukan pekerjaan tunggal seperti Siri, Artificial General Intelligence (AGI) yang mengacu pada kemampuan AI yang mampu mengerjakan seluruh pekerjaan intelegensi manusia dan Artificial Super Interlligence (ASI) yang mengacu ketika mesin AI mampu mengungguli kecerdasan manusia.

“Dekade 2020-an adalah era kejayaan ANI dimana pekerjaan-pekerjaan manusia bakal tergantikan oleh mesin AI. Sementara dekade 2030 nanti akan mengarah ke era AGI dimana kemampuan AI akan setara dengan kemampuan intelegensi manusia,” tuturnya.

Saat ini, kata Yuswohady, sedikitnya ada AI Big Nine yang menjadi pilar pengembangan AI dekade 2020-an yakni 6 di AS (G-Mafia: Google, Microsoft, Amazon, Facebook, IBM, Apple) dan 3 di China (BATs: Baidu, Alibaba, Tencent).

“The Big Nine berupaya menguasai dunia dengan mesin baru bernama AI,” tutup Yuswohady.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga

nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi ZTE Mobile Devices meluncurkan nubia Neo 2 5G, ponsel gaming entry-level yang dirancang untuk menghadirka...


Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru

Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Restoran keluarga Kitchenette milik Ismaya Group menggandeng koki Devina Hermawan dalam menghadirkan empat sajian spesial baru...


Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi

Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan brand fesyen Flashy berhasil memanfaatkan digitalisasi untuk menangkap p...


Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta

Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi meluncurkan Tiggo 5X di pasar otomotif Indonesia dengan banderol harga mulai dari Rp239 j...