Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Wewangian Lokal Tumbuh Subur di E-commerce

Posted by: 369 viewer

Wewangian Lokal Tumbuh Subur di E-commerce
Beauty and Personal Care Category Senior Lead Tokopedia Stefanie Yuli/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wewangian seperti parfum dan pengharum ruangan reed diffuser kian diminati masyarakat Indonesia setelah pandemi sehingga menyuburkan ragam wewangian dan penjualannya.

Mengutip Antara, Rabu (21/2/2024), Pimpinan Kategori Produk Kecantikan dan Perawatan Diri, Tokopedia Stefanie Yuli melihat terdapat lonjakan penjualan parfum dan diffuser secara signifikan pada platform tersebut.

“Tren Tokopedia selama 2023 pascapandemi jika dibandingkan dengan 2020 sebelum atau prapandemi itu penjualan produk parfum dan reed diffuser mengalami lonjakan yang signifikan. Kalau untuk parfum itu lonjakannya lebih dari dua kali lipat, sedangkan kalau reed diffuser lebih dari 13 kali lipat,” kata Stefanie.

IKLAN INFOBRAND.ID

Industri wewangian lokal Indonesia menunjukkan potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan pasar domestik, berdasarkan data terbaru dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tercatat kontribusi industri kosmetik, termasuk sektor wewangian mencapai 3,83 persen pada kuartal III tahun lalu.

Lonjakan penjualan wewangian merek lokal di Tokopedia tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan seperti DKI Jakarta, tetapi, juga di daerah-daerah seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, hingga Riau. 

Stefanie menilai kini masyarakat sudah lebih peduli soal wewangian sehingga banyak jenama lokal yang mengeluarkan beragam jenis wewangian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Stefanie juga menilai kolaborasi Tokopedia dengan TikTok turut berperan meningkatkan kesadaran masyarakat atas jenama lokal, khususnya wewangian. Berdasarkan data dari TikTok, tren penjualannya menunjukkan adanya peningkatan sebesar 100 persen (periode Januari 2023 dibandingkan Januari 2022) dalam penjualan produk parfum lokal.

Upaya Tokopedia untuk memperluas pasar bagi jenama lokal tidak hanya terbatas pada platformnya, tetapi, juga melalui berbagai kampanye, sebagai contoh saat Harbolnas beberapa waktu lalu yang mampu mendorong pertumbuhan transaksi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tokopedia memberi panggung lebih untuk berbagai merek lokal termasuk melalui kampanye yang digalakkan seperti kampanye Harbolnas ‘Beli Lokal’ yang membuat jenama kecantikan dan perawatan diri lokal rata-rata memiliki kenaikan transaksi hingga 19 kali lipat dari bulan sebelumnya,” ujarnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...