Ahad, 16 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tingkatkan Daya Saing & Inovasi Produk

Posted by: 2522 viewer

Tingkatkan Daya Saing & Inovasi Produk
Bhima Yudhistira Adhinegara

Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 tidak cukup memuaskan, dan diperkirakan hanya mencapai 5%, disertai indikasi lambatnya growth konsumsi rumah tangga. Namun tidak semua industri terpapar oleh pelemahan ekonomi global. Ambil contoh, sektor industri tekstil pakaian mampu tumbuh 15% di kuartal III 2019, disusul oleh industri makanan minuman yang masih tumbuh positif 8,3%.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bhima Yudhistira Adhinegara selaku Ekonom INDEF (Institute for Development of Economics and Finance). Untuk itu, papar Bhima, pelaku brand harus sigap untuk dapat meningkatkan daya saing dan inovasi produknya.

Daya saing berkaitan dengan efisiensi produksi, memangkas rantai pasok, dan adaptif terhadap perubahan teknologi. Sementara inovasi berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar, mencari pasar-pasar baru, dan menjadi leader dalam penciptaan nilai tambah produk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal yang juga patut mendapatkan perhatian lebih, imbuh Bhima, Industri 4.0 merupakan sebuah keniscayaan. Strategi memasuki era 4.0 perlu dimulai dari dorongan peningkatan kualitas SDM dan akselerasi riset yang cepat. Dari sisi SDM misalnya dibutuhkan keahlian-keahlian baru yang 10 tahun lalu belum kita siapkan secara sistematis.

"Sebagai contoh keahlian data analyst, cyber physical, AI, digital marketing, dan cyber security. Sementara di bidang riset, kuncinya ada di peningkatan belanja riset yang masih 0,3% dari PDB, lebih rendah dari negara Asia lain," jelas Bhima.

Dengan demikian untuk menghadapi era Industri 4.0 tentu dibutuhkan sinergitas antara pemangku kebijakan dan pelaku industri. Menurutnya tugas Pemerintah tentu melakukan evaluasi insentif fiskal untuk peningkatan riset dan kualitas SDM. "Memang sebelumnya sudah ada super deductable tax yang dirilis Pemerintah. Tapi belum banyak perusahaan yang tertarik mengambil insentif tersebut," ungkapnya.

Selanjutnya, mendorong integrasi riset antara perguruan tinggi, industri dan pemerintah. Begitupun, terkait program kartu pra kerja, Bhima berharap sebaiknya memuat pelatihan untuk mendukung SDM di era 4.0. Disusul, pembangunan infrastruktur untuk menurunkan biaya logistik yang saat ini masih dikisaran 24% dari PDB.

Adapun tugas pelaku Industri, lanjut Bhima, adalah memperbesar porsi belanja riset dari total revenue, mendorong kegiatan re-skilling dan re-training untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi perubahan model pekerjaan di era 4.0. Penting juga untuk bekerjasama dengan pusat-pusat penelitian, inkubasi dan kolaborasi dengan perusahaan startup sehingga industri bisa mendapatkan inovasi yang murah dan aplikatif.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal yang tidak kalah penting menurut Bhima adalah digital branding. Kuncinya, imbuhnya, ada di riset pemasaran yang kuat dan valid sebelum menentukan media dan pesan untuk digital branding. Menggandeng influencer/selebgram/ youtuber untuk mengangkat brand value dengan story yang menarik calon pembeli juga menjadi opsi yang menarik.

"Namun, pelaku brand juga harus cermat dalam menggandeng influencer. Bukan sekedar berapa banyak followernya (karena follower bisa dibeli/fake), tapi seberapa kuat pesan yang ingin disampaikan, apakah tepat sasaran. Jadi perlu dievaluasi secara terus menerus efektivitas pemasaran digital,” ujarnya.[]

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga

nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi ZTE Mobile Devices meluncurkan nubia Neo 2 5G, ponsel gaming entry-level yang dirancang untuk menghadirka...


Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru

Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Restoran keluarga Kitchenette milik Ismaya Group menggandeng koki Devina Hermawan dalam menghadirkan empat sajian spesial baru...


Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi

Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan brand fesyen Flashy berhasil memanfaatkan digitalisasi untuk menangkap p...


Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta

Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi meluncurkan Tiggo 5X di pasar otomotif Indonesia dengan banderol harga mulai dari Rp239 j...