Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tangani Masalh Sampah di IKN, PT Brantas Abipraya Bangun TPST

Posted by: 372 viewer

Tangani Masalh Sampah di IKN, PT Brantas Abipraya Bangun TPST
Disain PTSP PT Brantas Abipraya di IKN/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN PT Brantas Abipraya (Persero) membangun tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) untuk menangani masalah persampahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Direktur Utama Brantas Abipraya Sugeng Rochadi mengatakan pembangunan akan dimulai dari TPST 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Pembangunan ini merupakan upaya Brantas Abipraya sebagai salah satu BUMN berkontribusi dalam mewujudkan IKN yang ramah lingkungan, sedapat mungkin mengurangi produksi sampah dan mendorong daur ulang," kata dia dikutip dari keterangan resminya, Rabu (21/2/2024).

IKLAN INFOBRAND.ID

TPST ini berdiri di atas lahan seluas 22,16 hektare dan mulai dibangun tahun ini, yang diharapkan dapat selesai pada Desember 2024. Tempat ini juga berada di lokasi yang sama dengan instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik 1 KIPP IKN.

"TPST 1 dapat mengolah sampah sebesar 74 ton per hari dan lumpur sebanyak 15 ton per hari," ujarnya.

TPST 1 ini nantinya dapat menghasilkan pengolahan sampah berupa energi, tidak menghasilkan emisi di atas standar yang ditentukan.

Selain itu, sebesar 60 persen sampah yang ditimbulkan harus di daur ulang, sistem pengelolaan sampah terkoneksi dengan internet yang dapat diakses oleh penduduk, serta residu dari pengelolaan minimum.

Lebih lanjut, lokasi yang berada dekat dari KIPP hanya berjarak 3 km, maka perlu dilakukan penanganan terkait emisi, kebisingan dan bau serta potensi dampak lingkungan lainnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun lingkup pekerjaan Brantas Abipraya pada pembangunan TPST 1 IKN ini meliputi Bangunan Pengolahan 1, Bangunan Pengolahan 2, Menara dan Lansekap.

"Selain itu, dalam pembangunannya saat ini, tentunya kami akan mengutamakan penerapan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja). Tak hanya itu, Brantas Abipraya juga akan bekerja lebih cerdas lagi dalam pembangunan TPST, agar pekerjaan ini tuntas tepat waktu, tepat mutu dan biaya," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...