Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Strategic Branding Management

Posted by: 2944 viewer

Strategic Branding Management
Managing Director ETNOMARK Consulting, Amalia E Maulana

Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang tepat dalam mengelolanya. Jam terbang dan sense of strategic marketing menjadi kunci.  Dalam hal ini ada dua tipe resources yang termasuk dalam pengembangan brand, yakni  alokasi budget marcom dan  alokasi sumber daya manusia.

Perbedaan mengembangkan brand di masa lalu dan masa kini terletak pada bagaimana pengalokasian resources ini. Memilih orang yang tepat yang mengelola brand, termasuk mampu membuat strategi branding.

Sebenarnya usia bukan jadi penentu seseorang menjadi brand manager masa kini. Tetapi, kemampuannya memahami konsumen masa kini. Siapa saja, tua dan muda bisa menduduki jabatan sebagai seorang brand manager masa kini asalkan ia sangat mengerti kebutuhan konsumennya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Apabila orang yang tak muda lagi didampingi seseorang yang mewakili usia konsumen yang dibidiknya (misalnya untuk produk dengan target anak muda), ini adalah sebuah kondisi yang ideal.

Ini merupakan kombinasi wisdom dan implementasi keseharian yang terbaik. Keduanya saling mengisi untuk menciptakan kedekatan dengan konsumennya dan brand. Saat ini perusahaan yang menyerahkan pengembangan brand masa kininya  kepada anak-anak Zaman Now – bisa jadi mempunyai implikasi yang serius. Mereka belum siap dengan jam terbang pemahaman konsumen dan media habitnya, dan belum mempunyai sense yang kuat untuk menyambungkan pemahamannya dengan  strategi marcom yang jitu.

Di sisi lain, banyak Decision Maker di brand management menganggap kegiatan digital yang menjadi core dari channel komunikasi masa kini, hanya sekedar melengkapi kegiatan Marcom brand saja. Disinilah dilemma bagi perusahaan. Sumber daya manusia perlu dipikirkan dari sisi kombinasi dari orang yang mengerti strategi brand management dan orang- orang yang mewakili jamannya. Mengerti strategi brand management tidak harus dari zaman old atau zaman now – masalahnya bukan pada usia, tetapi pada jam terbang dan sense of strategic marketing nya.

Para pemasar muda millennial di ‘Zaman Now’ berpendapat semua aspek kegiatan pemasaran harus berpusat pada yang berbau digital. Mereka perlu disadarkan juga bahwa dalam dinamika kehidupan konsumen atau yang disebut dengan “the Dynamic Consumer Journey”, tidak semua aspek kehidupan konsumen yang berubah menjadi digital. Perusahaan harus memahami secara holistik insights tentang media habit konsumen di segmen yang dibidik, sehingga bisa mendisain Integrated Brand Communication- digital dan non-digital.

Pemahaman mendalam tentang needs dan perilaku konsumen, dilengkapi dengan media habit mereka membuat brand manager mempunyai informasi dan insights yang cukup untuk memberikan pengarahan kepada para creative partner mereka. Membelah rasio offline-online dari tiap segmen konsumen ditentukan oleh “Communication objectives” brand, bukan oleh budget yang dimiliki oleh divisi digital dan divisi non-digital. Memahami dinamika Consumer Journey menjadi kunci keberhasilan strategi kampanye marcom. Paduan kedua channel online-offline ini memiliki perannya masing-masing dalam memberikan sumbangsih terhadap tujuan komunikasi brand secara keseluruhan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kegiatan apapun yang akan dipilih oleh brand manager, baik itu dalam rangka image building, brand activation maupun loyalty building, akan mengikuti pemahaman Consumer Journey. Ini hanyalah masalah taktikal dan implementasi dari strategi segmentation, targeting dan positioning yang lebih kritikal yang diperoleh dari pemahaman consumer journey. []

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Kunci Kesuksesan Membangun Digital PR

Ini Kunci Kesuksesan Membangun Digital PR
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, keberhasilan sebuah organisasi tidak hanya ditentukan oleh produk atau layanan yang mere...


Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR

Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR
INFOBRAND.ID – Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah dimulai, para calon anggota legislatif (caleg) pun berupaya untuk mendulang suar...


KIT Global Meningkatkan Kinerja Berbasis AI hingga 70%

KIT Global Meningkatkan Kinerja Berbasis AI hingga 70%
INFOBRAND.ID - KIT Global, spesialis pemasaran kinerja perintis, didirikan pada tahun 2022 dan sejak saat itu telah berkembang pesat di Eropa, Amerika...


Mengenal Mobile Apllication  dan Penggunaan nya di Era Digital

Mengenal Mobile Apllication dan Penggunaan nya di Era Digital
INFOBRAND.ID-Mobile app development adalah proses pembuatan aplikasi untuk perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet....