Kamis, 18 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Strategi Ampuh Melakukan Promosi di Marketplace

Posted by: 2280 viewer

Strategi Ampuh Melakukan Promosi di Marketplace
Promosi di marketplace

INFOBRAND.ID - Berjualan di marketplace saat ini sudah menjadi hal wajib. Setiap brand, wajib menjual produknya di marketplace untuk mendorong penjualan baik langsung maupun tidak langsung. Langsung maksudnya penjualan meningkat di platform marketplace. Sementara tidak langsung, karena marketplace menjadi sarana promosi untuk mengenalkan sebuah brand, yang akhirnya memicu penjualan di berbagai channel lainnya.

Tidak cukup sampai di situ, ketika sebuah brand memutuskan hadir di marketplace, maupun secara digital atau online, maka strategi pemasaran online pun menjadi kegiatan yang harus dilakukan. Karena tanpa melakukan promosi, maka usaha Marketplace atau bisnis online bahkan official store atau official shop akan mendapatkan jalan buntu.

Dan berikut beberapa strategi yang ampuh untuk diterapkan di marketplace yang cocok ditetapkan oleh official store atau official shop sebuah brand;

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Strategi Melakukan Copywriting

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menawarkan atau memasarkan produk kepada para konsumen. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan cara copywriting. Copywriting merupakan sebuah seni mempromosikan brand dengan menggunakan kata-kata. Strategi ini mengharuskan sebuah brand untuk menjual produk dengan cara sehalus mungkin sehingga calon konsumen sangat tertarik dan langsung melakukan transaksi. Di dalam Marketplace, brand dapat menempatkan copywritting ini dalam deskripsi produk, selain harus detail deskripsi produk juga harus menarik, agar pembeli dapat tertarik dan membeli saat itu juga.

  1. Strategi Limited Edition

Setiap orang tentu ingin mendapatkan rasa atau kesan mewah di dalam produk yang akan dibeli. Maka dari itu, Brand bisa melakukan strategi dengan menjual produk secara limited edition atau edisi terbatas. Secara sederhana, Brand dapat membuat sebuah produk dengan batas jumlah tertentu saja. Semakin sedikit jumlah produk yang Brand tawarkan, semakin banyak konsumen yang akan mengantri untuk mendapatkan produk tersebut.

Biasanya, strategi promosi ini sering digunakan oleh para pebisnis yang menjual produk fashion. Namun, selain sekedar membuat produk dengan jumlah yang terbatas, kualitas dari produk yang Brand jual harus tetap unggul sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli lagi.

  1. Strategi Promosi Bundling Package

Paket bundling merupakan sebuah strategi menjual dua buah produk atau lebih namun dibayarkan menjadi satu paket harga yang lebih murah. Strategi promosi ini pada umumnya digunakan untuk menghabiskan stok sisa yang tidak laku terjual atau memberikan reward kepada konsumen yang sudah loyal membeli produk Brand.

Dengan fitur bundling package didalam marketplace Brand dapat menyatukan dua produk dengan variabel harga yang berbeda. Satu produk berharga mahal dan satunya lagi dengan harga yang lebih murah.

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Strategi Voucher Diskon

Diskon merupakan strategi promosi yang paling ampuh dan pasti disukai oleh masyarakat. Strategi ini dilakukan oleh hampir semua produk di lini usaha namun dengan keunikan dan gaya masing-masing. Strategi promosi seperti ini sudah banyak dilakukan pleh penggiat Marketplace. Brand juga dapat memanfaatkan voucher didalam Marketplace, carilah fitur yang dapat Brand gunakan di masing-masing marketplace, Brand dapat menggunakan cara ini dan terbukti berhasil menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

  1. Strategi Permainan Harga

Strategi promosi ini biasa Brand jumpai di beberapa pusat perbelanjaan. Brand pasti pernah melihat harga sebuah produk yang tidak bulat seperti sebuah baju seharga Rp. 129.900 atau harga sepasang sepatu Rp. 219.900. Strategi promosi dengan permainan harga ini ternyata memberikan efek psikologi yang berbeda kepada setiap konsumen. Konsumen akan sadar jika harga yang bulat tidak terlalu menarik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...