Rabu, 17 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Semarakkan HUT Astra ke-67, FIFGROUP Gelar Kegiatan Donor Darah

Posted by: 338 viewer

Semarakkan HUT Astra ke-67, FIFGROUP Gelar Kegiatan Donor Darah
Suasana kegiatan donor darah karyawan bertajuk “Setetes Darah Sejuta Cinta” dalam semarak HUT Astra ke-67 berlokasi di Menara FIF, Jakarta Selatan pada Jumat, 23 Februari 2024.

INFOBRAND.ID - Memperingati perayaan HUT Astra ke-67, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yakni donor darah yang berlangsung di Menara FIF pada Jumat, 23 Februari 2024.

HUT Astra diperingati setiap tanggal 20 Februari. Sebagai salah satu anak perusahaan Astra, FIFGROUP turut mengimplementasikan kemeriahan HUT ke-67 Astra tahun ini yang bertema “Astra untuk Hari ini dan Masa Depan Indonesia”. Lewat kegiatan donor darah, perseroan  ingin mengajak masyarakat dan seluruh Insan FIFGROUP terus semangat berkontribusi dalam keberlanjutan dan melangkah pasti demi masa depan yang lebih baik. Program donor darah FIFGROUP pertama di tahun 2024 yang bertajuk “Setetes Darah Sejuta Cinta” tersebut berhasil mengumpulkan 167 kantong darah dari pendonor karyawan internal.

FIFGROUP bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan dalam rangkaian HUT FIFGROUP ke-35 tahun turut menargetkan sebanyak 3.500 kantong darah sepanjang tahun 2024 baik yang dilakukan di kantor pusat dan juga yang akan dilakukan di 82 titik cabang lainnya se-Indonesia.  Hal ini juga merupakan bentuk dukungan FIFGROUP dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat dan komunitas melalui 3 Aspek Strategi Sustainability (keberlanjutan), yaitu Portofolio, People dan Public Contribution. Pada poin ketiga yaitu Public Contribution Strategy, FIFGROUP melaksanakan program berkelanjutan yang memberikan manfaat bagi masyarakat yang terbagi dalam 4 Pilar CSR FIFGROUP, yaitu FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan FIFGROUP Lestari.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dukungan FIFGROUP kali ini juga menjadi implementasi dari Pilar FIFGROUP Sehat. Selain sejalan dengan misi perusahaan yaitu membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat, hal ini juga sebagai bentuk komitmen FIFGROUP dalam Environment, Social, and Governance (ESG) Goals yaitu Community Relations, serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3 yaitu Good Health & Well Being.

Marketing New Motorcycle (NMC) Advisor FIFGRPUP, Antony Sastro Jopoetro turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai salah seorang pendonor, saat ditemui usai melakukan donor darah menyampaikan: “Melakukan donor darah secara rutin adalah tindakan yang sangat bermanfaat, tidak hanya karena dapat menurunkan kekentalan darah dalam tubuh, tetapi juga memberikan berbagai manfaat positif untuk kesehatan secara keseluruhan”.

Di kesempatan yang sama, Enviroment Health Safety & Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Management Department Head, Charles DW Simaramare, mengatakan: “Donor darah memiliki filosofi saling berbagi kehidupan kepada yang membutuhkan. FIFGROUP berkomitmen untuk terus berupaya dukung usaha pemerintah dalam memenuhi kebutuhan ketersediaan kantong darah dan hadir untuk memberi manfaat bagi Indonesia. Hal ini sesuai dengan misi perusahaan yaitu Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat.” 

Serba-Serbi Donor Darah

Fathiyah Desya Miranti, salah satu karyawan FIFGROUP yang menjadi pendonor darah mengatakan : “Saya merasa bersyukur dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Selain memberikan bantuan kepada sesama melalui donor darah, kita juga dapat merawat kesehatan kita sendiri. Semoga kegiatan ini tidak hanya berjalan satu kali, tapi dapat menjadi program rutin yang terus dilaksanakan, memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan kesehatan kita.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Seirama dengan Fathiyah, pendonor lain yaitu Barokah mengatakan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan. “Bersyukur, saya lolos screening untuk menjadi salah satu pendonor darah hari ini. Saya berharap, dapat membantu mereka yang sedang membutuhkan.”

Mengutip laman kemkes.go.id, syarat donor darah penting diperhatikan guna menjaga kesehatan pendonor maupun calon penerima donor darah. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh pendonor, sehingga tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. 

Beberapa persyaratan untuk menjadi pendonor darah, antara lain: Sehat jasmani dan rohani. Usia 17 sampai dengan 65 tahun. Berat badan minimal 45 kg. Tekanan darah; sistole 100 - 170 dan diastole 70 – 100.  Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%. Dan interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 2 tahun). 

Mental Health Foundation menyebut, donor darah dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being), baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Lebih jauh, ada beberapa keuntungan yang didapat jika melakukan donor darah secara rutin, antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, bisa jadi salah satu penunjang diet dan pembakaran kalori yang cukup ampuh, mengurangi kadar ferritin sehingga dapat mengurangi stress oksidatif, sehingga mengurangi berbagai gejala sindrom metabolik atau dengan kata lain mengusir hipertensi, menurunkan risiko kanker, dapat mendeteksi penyakit serius karena sebelum donor darah, ada beberapa tahapan screening kesehatan yang dilakukan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...


Soal Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Kata CEO Apple

Soal Bangun Pabrik di Indonesia, Begini Kata CEO Apple
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO), Apple Tim Cook menyatakan, pihaknya mempertimbangkan pembangunan pabrik produksi Apple di Indon...