Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Popularitas Brand jadi Faktor Penentu Konsumen Membeli Sebuah Produk

Posted by: 792 viewer

Popularitas Brand jadi Faktor Penentu Konsumen Membeli Sebuah Produk
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia dan Chairman Indonesia Brand Community memaparkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2024.

INFOBRAND.ID - Pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Menurut laporan We Are Social pada Januari 2024, diperkirakan ada 185 juta penduduk Indonesia menggunakan internet. Jumlah tersebut setara 66,5% dari total populasi nasional yang berjumlah 278,7 juta jiwa. Jumlah pengguna internet itu pun tercatat mengalami kenaikan 1,5 juta orang atau naik 0,8% dibanding Januari 2023.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia dan Chairman Indonesia Brand Community (IBC) menyebut, perkembangan tersebut memberikan peluang yang sangat luas bagi pelaku bisnis dan brand untuk mengembangkan bisnisnya di ranah digital, mulai dari pemasaran, branding, hingga penjualan dengan memanfaatkan teknologi dan tren teknologi digital. Menurutnya dengan perkembangan pengguna internet yang sangat masif memperbesar cakupan pasar hingga ke seluruh Indonesia.

Bahkan untuk aktivitas membeli produk secara online, saat ini telah menjadi kebiasaan dan menjadi tren baru di masyarakat. Ada beberapa faktor konsumen membeli produk secara online, antara lain; kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, harga yang lebih kompetitif, pilihan produk yang lebih banyak, promo dan diskon yang diberikan, meghemat waktu, review dan ulasan pengguna, akses 24 jam, komparasi harga yang lebih mudah, kemudahan transaksi, brand atau produk, dan layanan pengiriman.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Adapun beberapa platform yang paling banyak digunakan untuk belanja online antara lain; Marketplace, Social Media/Social Commerce, Aplikasi Pesan Antar, Website Resmi Brand, dan Aplikasi Resmi Brand,” ungkap Tri Raharjo, dalam INFOBRAND FORUM 2024, Rabu (27/3/2024). 

Tri Raharjo juga mengungkapkan beberapa tahap seorang konsumen memutuskan membeli sebuah produk dari brand tertentu, setelah mengenali kebutuhan, kemudian melakukan pencarian informasi di internet, mengevaluasi alternatif atau melakukan komparasi dengan merek lain, setelah itu baru melakukan keputusan pembelian, dan terakhir perilaku konsumen dalam memberikan rating dan review dari produk yang telah dibelinya.

Sementara, dalam melakukan pencarian informasi, saat ini konsumen mengandalkan pencarian melalui Marketplace karena langsung dapat melakukan transaksi. Selain itu beberapa platform yang digunakan untuk mencari informasi seperti mesin pencari google, media sosial, review dari YouTube, Rekomendasi pengguna, influencer (K.O.L), iklan produk di berbagai media, iklan produk di internet, media online, dan website resmi brand.

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di antaranya; harga produk yang kompetitif, promo/diskon yang ditawarkan, rekomendasi/ulasan positif dari pengguna, merek produk yang dikenal dan dipercaya, pilihan produk yang beragam, kemudahan proses transaksi, efisiensi pengiriman dan ketepatan waktu, kualitas layanan pelanggan, keamanan transaksi online, pengalaman belanja sebelumnya di platform tertentu, pengaruh iklan online, dan penawaran khusus untuk pelanggan,” beber Tri Raharjo.

Dari perkembangan trsebut, TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand, bekerjasama dengan IMFocus Digimarketing Sertified Google Partner, secara rutin melakukan riset mengenai brand-brand populer di ranah digital, melalui riset Digital Popular Brand Index.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Dari riset ini selanjutnya digunakan oleh INFOBRAND.ID untuk menghadirkan Indonesia Digital Popular Brand Award, Sebuah apresiasi dan penghargaan bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan popular dibandingkan brand lainnya. Riset dan penilaian Indonesia Digital Popular Brand Index 2024 dilakukan dengan menggunakan 3 parameter penilaian digital yaitu: Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based,” papar Tri Raharjo.

Adapun dari riset yang dilakukan, 10 kategori produk/layanan yang paling banyak diulas di Internet berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2024; pertama Smartphone sebanyak 57,9 juta ulasan, Motor 28,4 juta ulasan, Online Transportation 26,1 juta ulasan, Minimarket 24,7 juta ulasan, Micellar Water 20,9 juta ulasan, Printer 19,7 juta, Lipstik 18,5 juta Laptop 17,6 juta, Sepeda Motor Matic 15,4 juta, dan Supermarket 14,8 juta.

Selanjutnya 10 kategori produk/layanan yang paling banyak dicari oleh pengguna internet dalam rata-rata bulanan berdasrkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2024, adalah; Marketplace dengan 7,7 juta pencarian, Minimarket 2,1 juta pencarian, Gadget Store 1,1 juta pencarian, Resto Fried Chicken 1 juta pencarian, Fashion Store 693 ribu pencarian, Low Cost Carrier 598 ribu pencarian, Coffeshop Local 596 ribu pencarian, Supermarket 545 ribu pencarian, Supermarket Perabot Rumah Tangga 490 ribu pencarian, dan Sepeda Motor Matic 440 ribu pencarian.(***)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...