Selasa, 04 Oktober 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

PLN dan Kelompok Tani Ampar Adhum Kenalkan Electrifying Agriculture

Posted by: 13-08-2022 20:28 WIB 348 viewer

PLN dan Kelompok Tani Ampar Adhum Kenalkan Electrifying Agriculture
Aktivis PLN dan Kelompok Tani Ampar Adhum Kenalkan Electrifying Agriculture.

INFOBRAND.ID - Menyambut hari Pramuka ke-61 tanggal 14 Agustus 2022, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengajak adik-adik Pramuka menambah pengetahuan terkait urban farming bersama Kelompok Tani Ampar Adhum, Jakarta Timur. Pertanian perkotaan ini menggunakan energi listrik untuk mempermudah dalam pengelolaannya atau disebut dengan electrifying agriculture. 

 

Melalui egroeduwisata, PLN dan Kelompok Tani Ampar Adhum mengajak adik-adik Pramuka turut mengimplementasikan Dasa Dharma ke-2 yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Selain mendapat pengetahuan terkait urban farming, peserta juga turut praktik langsung untuk tanam buah dalam pot (tabulampot) dan juga memanen sayuran hidroponik. Hasil panen urban farming kemudian dimasak dengan kompor induksi sebagai bagian dari electrifying lifestyle. 

 

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya mengatakan, “Sesuai motto Sustainability Development Goals (SDG’s) yaitu “leave no one behind” kami juga berharap semua pihak dapat merasakan kehadiran PLN dalam memberikan upaya terbaik untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara tepat sasaran.” 

 

PLN sangat mendukung berkembangnya kelompok tani di tengah hutan beton Jakarta. Doddy menjelaskan bahwa kreativitas dari kelompok tani seperti di Ampar Adhum ini sangat didukung dan sejalan dengan program PLN, _electrifying agriculture_. 

 

Poktan Ampar Adhum juga memanfaatkan Internet of Thing (IoT) dalam bercocok tanam. Saat ini sedang dikembangkan sebuah sistem berbasis teknologi informasi untuk pengairan dan pemupukan. Semua akan dikontrol dan terintegrasi dalam sebuah sistem. 

 

Ketua Poktan Ampar Adhum, Fikri Husin menyampaikan hasil panen dari Gang Hijau ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah masyarakat RT 08 RW 08 Kelurahan Cipinang Besar Utara. Dalam waktu dekat, hasil panen dari Poktan Ampar Adhum ini akan dijual dengan menjalin kerjasama ke berbagai pihak dalam pemasarannya. Selain dikonsumsi secara langsung, masyarakat juga memanfaatkan sayur dan buah hasil panen di Gang Hijau menjadi berbagai produk olahan minuman dan makanan yang bernilai jual.  

 

Adik Pramuka yang hadir merasa sangat senang bisa belajar langsung tentang proses bertanam di perkotaan. Cinta alam dengan memanfaatkan sumber daya alam dan memanfaatkan teknologi sesuai perkembangan jaman yang dipelajari oleh adik-adik Pramuka di Kampung Wisata Ampar Adhum diharapkan menjadi contoh dan dapat disebarkan ke masyarakat luas. 

 

PLN bersama Kelompok Tani Ampar Adhum mengajak adik-adik Pramuka serta seluruh masyarakat khususnya di Cipinang Besar Utara RW 008 untuk turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan guna meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. 

 

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur, Ali Nurdin  menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas peran serta masyarakat dan kolaborasinya dengan PLN dalam mewujudkan ketahanan pangan. Apalagi masih dalam pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk lebih kreatif dalam usaha ketahanan pangan, tentunya dengan dukungan berbagai pihak seperti dengan program TJSL PLN. 

 

Berawal dari kepedulian masyarakat sekitar didukung dengan perangkat masyarakat dan juga PLN Peduli, wilayah perkampungan di Jalan Bekasi Timur IV ini berubah menjadi gang hijau dengan berbagai hasil tanaman yang kaya manfaat. Kehadiran gang hijau yang diprakarsai oleh Poktan Ampar Adhum ini memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar daerah tersebut untuk menyalurkan hobi menanam pohon. Rimbunnya pepohonan juga memberikan asupan oksigen untuk mengurangi efek polusi udara. Sebanyak 40 persen tumbuhan yang ditanam merupakan tanaman sayuran dan buah. Dimana hasil panen tersebut dapat mencukupi kebutuhan sayur dan buah bagi masyarakat. Keberadaan gang hijau ini menjadi ruang edukasi bagi masyarakat, PKK, Karang Taruna, sekolah, sampai menjadi tempat KKN mahasiswa jurusan pertanian. 

 

Kehadiran PLN Peduli dalam bentuk Greenhouse Hidroponik, Greenhouse Budidaya Anggur, serta penataan lingkungan untuk masyarakat RT 08 RW 08 Kelurahan Cipinang Besar menjadi sebuah modal bagi masyarakat untuk mengembangkan upaya ketahanan pangan yang dapat memberikan nilai tambah. Apalagi Urban farming ini sudah menjadi tren dan kegiatan baru yang digemari banyak orang sebagai alternatif aktivitas baru di rumah sejak Pandemi Covid-19. 

 

Urban farming merupakan usaha pertanian di perkotaan dengan memanfaatkan lahan-lahan terbuka yang ada di sekitar masyarakat. Luas lahan yang digunakan rata-rata seluas 5-50 m2. Komoditas yang umum diusahakan adalah tanaman yang berumur pendek seperti aneka sayuran daun dan buah, tanaman obat serta tanaman hias.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Pasti Enak Cheese: Produsen Premium Artisan Cheese dengan Standar International

Pasti Enak Cheese: Produsen Premium Artisan Cheese dengan Standar International
INFOBRAND.ID-Berawal dari kegemaran nya mengkonsumsi keju dari berbagai negara penghasil keju, Made Sri Hartati CEO PT Pasti Enak tergerak untuk mendi...


Morris Indonesia Rilis Varian Terbaru Morris Teens Cosmic Edition

Morris Indonesia Rilis Varian Terbaru Morris Teens Cosmic Edition
Jakarta, INFOBRAND.ID – Dikenal sebagai parfum lokal dengan kualitas dunia, Morris Indonesia kembali memperkenalkan varian-varian terbaru d...


Allianz Jadi Asuransi Direkomendasikan Masyarakat dari YouGov Recommend Ranking2022

Allianz Jadi Asuransi Direkomendasikan Masyarakat dari YouGov Recommend Ranking2022
INFOBRAND.ID-PT Asuransi Allianz Life Indonesia menjadi merek asuransi yang paling direkomendasikan masyarakat menurut YouGov Recommend Rankings 2022...


BTPN Gandeng Microsoft Guna Tingkatkan Kapasitas Talenta Digital

BTPN Gandeng Microsoft Guna Tingkatkan Kapasitas Talenta Digital
INFOBRAND.ID- PT Bank BTPN Tbk mengakselerasi transformasi digital di lingkungan internal dengan menjalin kemitraan dengan Microsoft Indonesia melalui...