Kamis, 01 Juni 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Perluas Pasar, Semar Nusantara Merambah Ranah Digital 

Posted by: 11-07-2022 16:17 WIB 1617 viewer

Perluas Pasar, Semar Nusantara Merambah Ranah Digital 
Vanya Gotama, Chief Operating Officer Semar Nusantara, menerima penghargaan Brand Choice Award 2022 dari infobrand.id.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Emas menjadi salah satu alat yang memiliki nilai investasi yang stabil dan cenderung memiliki risiko yang rendah. Emas adalah logam yang memiliki karateristik tidak dapat berubah zat, tidak beroksidasi dengan udara normal dan memiliki unsur yang murni. Emas menjadi salah satu investasi jangka panjang terbaik karena emas itu sendiri terlindungi dari nilai inflasi.

Toko Emas Semar Nusantara adalah pusat belanja emas dan perhiasan di bawah naungan PT Kerja Gotama Bersaudara. Berdiri sejak tahun 1969, toko emas ini telah memiliki outlet di sejumlah kota seperti di Klaten, Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Semarang, Yogyakarta, Magelang dan Tegal. Toko emas Semar Nusantara telah menjadi pilihan masyarakat karena pilihan modelnya yang sangat banyak dan selalu trendi. 

Sukses di ranah offline, nama Semar Nusantara mulai muncul di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Tidak hanya itu, namanya yang tersohor dari generasi ke generasi sudah mulai muncul di media sosial seperti Instagram dan bahkan rutin mengadakan live streaming untuk menawarkan produk terbaru yang dihadirkan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Vanya Gotama, Chief Operating Officer Semar Nusantara, mengungkapkan bahwa toko emas di bawah naungan PT Kerja Gotama Bersaudara ini mulai populer di ranah digital sejak 3 tahun yang lalu, bahkan hadir sejak sebelum masa Pandemi Covid-19. Kehadirannya untuk memenuhi permintaan produk emas dan perhiasan dari Semar Nusantara yang mulai datang dari berbagai pelosok negeri. 

“Banyak para pelanggan yang harus jauh berpindah tempat dikarenakan belum ada toko perhiasan offline. Maka dari itu, dengan hadirnya di marketplace akan memudahkan pelanggan tanpa harus datang ke toko dan bisa lebih mengenal tentang merek kita,” papar Vanya.

Toko emas Semar Nusantara hadir pertama kali di marketplace pada tahun 2019. Adapun marketplace yang bekerja sama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, JD.ID dan BukaLapak. Sebelum hadir di marketplace, Semar Nusantara justru terlebih dahulu hadir di media sosial yakni di Instagram. 

“Tapi seperti kita ketahui di Instagram ada beberapa kekurangan untuk pelanggan dalam hal transaksi. Oleh karena itu kami berpindah ke marketplace untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Terlebih lagi produk kita adalah perhiasan jadi dari segi pengiriman dibutuhkan garansi,” jelas Vanya. 

Untuk semakin memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi emas dan perhiasan, saat ini Toko emas Semar Nusantara sedang mengembangkan website agar dapat mengakses produk-produk perhiasan yang ada di toko offline. Selain itu berbagai fasilitas pun akan ditawarkan di website tersebut yang rencananya akan diluncurkan di tahun ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Nantinya dalam website tersebut selain memudahkan dalam pembelian akan dimudahkan juga untuk klaim garansi serta menjual maupun menukarkan perhiasan. Sehingga semakin mudah untuk mengakses karena disertai dengan langkah-langkah tutorial yang membuat pelanggan lebih merasa nyaman dan aman. 

Vanya menambahkan, adanya keinginan dari pelanggan yang melihat produk emas berbeda dengan produk lainnya karena emas sendiri memiliki nilai investasi yang tidak dapat ditinggalkan. Namun, akhir-akhir ini di zaman modern banyak juga yang menjual-belikan emas namun tidak ada nilai investasinya dan ini membuat masyarakat secara luas mengeluhkan kerugian. 

“Hadirnya Semar Nusantara memberikan solusi bagi masyarakat yang menginginkan investasi emas dengan harga yang transparan dan jujur. Kita juga memikirkan bagaimana masyarakat bisa mendapatkan nilai investasi dari emas tersebut dan tidak hanya digunakan sebagai aksesoris semata,” paparnya.

Permintaan pasar dan pelanggan yang semakin luas, kehadiran Semar Nusantara di ranah digital akan memudahkan pelanggan dalam bertransaksi darimana dan kapanpun saja. Selain itu dalam hal bisnis akan melambungkan penjualan emas dan perhiasan Semar Nusantara. Kelak Semar Nusantara akan menambah dan memperluas market baru terutama anak muda sebagai pengguna paling banyak perangkat digital dan calon pelanggan yang belum terjangkau oleh Semar Nusantara. 

Di masa pandemi dua tahun belakangan ini, dengan hadirnya Semar Nusantara di marketplace sudah sangat membantu dari segi omzet. Hadirnya platform ini tentu sangat membantu dan memberikan perkembangan yang luar biasa bagi kami mengingat di saat pandemi masyarakat lebih banyak mengakses secara online. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Kehadiran Semar Nusantara di ranah digital disambut baik oleh masyarakat luas. Dapat dibuktikan dari beragam produk yang sudah dihadirkan dan tetap menjadi pilihan para pelanggan. Berdasarkan riset TRANS N CO Indonesia mengenai Branc Choice Index, terdapat dua marketplace teratas dari beragam produk Semar Nusantara seperti cincin emas, gelang emas, kalung emas dan anting emas yang sudah terjual puluhan ribu produk dan mendapatkan belasan ribu ulasan dengan penilaian rata-rata 4,9. 

Atas pencapaian tersebut, Semar Nusantara berhasil menyabet penghargaan Brand Choice Award 2022 untuk kategori Cincin Emas, Gelang Emas, Kalung Emas, dan Anting Emas. Penyerahan penghargaan dilakukan melalui Virtual Award Ceremony yang dilakukan pada hari Kamis 30 Juni 2022. 

Brand Choice Award 2022, diselenggarakan oleh infobrand.id sebagai Number One Brand Media yang bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan riset yang fokus dan bergerak pada perkembangan brand di Indonesia. Penghargaan ini merupakan ajang yang bergengsi, bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas merknya melalui media digital atau internet yang membuat lebih unggul dan populer dibandingkan brand lainnya.