Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Visioner Leader Untuk Menjadi Brand Champion

Posted by: 2752 viewer

Pentingnya Visioner Leader Untuk Menjadi Brand Champion
Dr. Gancar C. Premananto SE., M.Si, Head of Magister of Management Faculty of Economics and Business Airlangga University

Era digital merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dan harus dihadapi para pelaku bisnis. Seperti halnya dalam ilmu perang terdapat ungkapan, “Lead, follow or get out of the way”, maka pilihan pebisnis adalah menjadi agen perubahan atau dirubah ataukah malah justru akan tertinggal dan ditinggalkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr Gancar C Premananto selaku pengamat brand sekaligus dosen FEB di Universitas Airlangga. Menurut Gancar, pelaku bisnis harus bisa menjadi visioner leader guna memenangkan peta persaingan, bukan hanya apa yang dilakukan di era digital saja tapi juga mempersiapkan era berikutnya.

“Untuk menjadi institusi juara maka diperlukan pemimpin yang visioner dan memiliki kompetensi dengan sumber daya manusia yang penuh semangat dan berkreasi serta melakukan perbaikan dan perubahan secara terus menerus,” kata Gancar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, lanjut Gancar, untuk dapat memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat ini, pelaku bisnis juga harus bisa menangkap dinamika yang terjadi pada konsumen dan para pesaing bisnisnya. Di mana dinamika tersebut dapat dilihatdari sistem informasi bisnis yang dimiliki perusahaan, termasuk dengan penerapan big data analisis.

“Untuk itu tim pemasaran digital memang harus dibentuk khusus oleh sebuah institusi/perusahaan. Tim ini harus mampu membangun sistem yang dapat menggunakan big data untuk menangkap berbagai informasi berkaitan dengan merek produk dan nama perusahaan,” jelas pria kelahiran Surabaya pada 22 Juli 1974 ini.

Meski demikian, Gancar tak menampik jika dana yang dibutuhkan untuk membangun sistem pendukung memang relatif cukup besar. Bahkan kata dia, beberapa sumber menunjukkan untuk pengembangan big data sendiri dapat mengocek dana mencapai US$700 ribu sampai US$800 ribu.

“Dana yang dibutuhkan memang cukup besar, tapi Nucleus Research melaporkan bahwa ROI (Return on Investment) dari penggunaan big data itu dapat mencapai 120%,” kata dia.

Lebih lanjut Gancar mengatakan, kolaborasi antara saluran digital dengan saluran konvensional dalam omni channel juga masih tetap penting untuk dilakukan. Tujuannya jelas, yaitu untuk lebih memudahkan konsumendalam mendapatkan informasi hingga mendapatkan produk yang mereka inginkan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di sisi lain, kunci pemasaran omni channel yang ideal adalah aksesibilitas. Di mana hal tersebut mengharuskan platform omni channel agar lebih kreatif untuk terus mengembangkan entry point dan berada di mana konsumen berada.

“Konten pemasaran yang kreatif, menarik dan menghibur biasanya akan memberikan dampak menjadi viral. Namun aktivitas yang viral belum tentu berdampak pada penjualan. Maka konten pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan umumnya masih tetap berkaitan dengan adanya informasi promosi penjualan,” tutup Gancar.[]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...