Ahad, 16 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Transformasi Digital dan Brand Leadership di Era Low Touch Economy

Posted by: 3501 viewer

Pentingnya Transformasi Digital dan Brand Leadership di Era Low Touch Economy
Menteri Pariwisata periode 2014 – 2019, Arief Yahya (dok. Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri.

Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Perubahan desain ruangan dan cara bekerja, menikmati hiburan di luar hingga cara makan di restoran adalah sebagian dampak yang disebabkan era Low Touch Economy.

Para pakar memprediksi situasi ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup panjang, setidaknya dalam dua tahun ke depan sampai vaksin mulai tersedia masal. Kita menghadapi dua krisis sekaligus secara beriringan, yaitu krisis kesehatan dan ekonomi. Dunia bisnis telah terpukul dengan adanya krisis ini, terutama di sektor-sektor industri yang sarat dengan high-touch seperti pariwisata, penerbangan, manufaktur, otomotif hingga properti.

IKLAN INFOBRAND.ID

Merespon perubahan ini, Arief Yahya yang pernah menjadi CEO Telkom menawarkan transformasi digital sebagai solusi jitu bagi perusahaan yang ingin survive dan sustain di era ini. Dalam keynote speech yang disampaikan di Indonesia Brand Forum 2020 pada Selasa (30/6) kemarin, Menteri Pariwisata periode 2014 – 2019 ini menyatakan setiap perusahaan perlu melakukan resep 3D yaitu digital imperative, decoding ekonomi COVID-19 dan digital transformation. 

“Pertama adalah digital imperative dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnisnya. Kedua, perlu melakukan decoding ekonomi yang terkait dengan COVID-19 dengan memetakan industri yang memiliki potensi tumbuh. Dan ketiga adalah transformasi digital dengan cara-cara yang tidak biasa,” kata Arif Yahya.

Pria asli Banyuwangi ini juga menambahkan, setelah melakukan transformasi digital, setiap perusahaan harus menguatkan brand-nya agar selalu relevan di era digital. “Brand anda harus membangun persepsi melalui 3C, yaitu contribution, competencies dan communication. Ketiga hal ini yang akan membentuk reputasi brand yang kuat,” ujarnya.

Selain itu, untuk membangun brand leadership di era low touch economy, pria yang hobi main tenis ini juga menawarkan konsep brand yang memodifikasi teori brand identity-nya David Aaker.

“Dari sisi brand sebagai produk, kita harus bisa leading brand kita dari high touch ke low touch. Sedangkan dari sisi brand sebagai organisasi, brand kita harus global minded. Brand kita sebagai person juga harus semakin personal atau customer centric, dan ujungnya adalah membawa brand kita dari egoistical ke social secara simbolis,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga

nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi ZTE Mobile Devices meluncurkan nubia Neo 2 5G, ponsel gaming entry-level yang dirancang untuk menghadirka...


Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru

Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Restoran keluarga Kitchenette milik Ismaya Group menggandeng koki Devina Hermawan dalam menghadirkan empat sajian spesial baru...


Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi

Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan brand fesyen Flashy berhasil memanfaatkan digitalisasi untuk menangkap p...


Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta

Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi meluncurkan Tiggo 5X di pasar otomotif Indonesia dengan banderol harga mulai dari Rp239 j...