Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Komunikasi Pemasaran Menciptakan Kesadaran Merek

Posted by: 8267 viewer

Pentingnya Komunikasi Pemasaran Menciptakan Kesadaran Merek
Dr. Dedy Ansari Harahap, SP., MM selaku Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung

Tidak bisa dipungkiri era digital telah mengubah cara bisnis perusahaan memasarkan produknya, perusahaan harus menyesuaikan strategi mereka untuk menjangkau pelanggan, bagaimana era tersebut telah mengubah saluran pemasaran. Sebagian besar bisnis sekarang berubah ke online dan masing-masing menggunakan metode komunikasi digital yang berbeda dalam melakukan komunikasi pemasaran perusahaannya. Semuanya didigitalkan yang berarti cara bisnis berkomunikasi dengan pemangku kepentingan telah berubah.

Komunikasi pemasaran mempengaruhi kesadaran merek apabila semua elemen yang terlibat didalamnya berperan dan berfungsi optimal. Elemen komunikasi pemasaran yang mencakup semua ‘tools’ marketing-mix serta unsur-unsur derivatifnya memiliki peran yang sama yakni mengoptimalkan fungsinya untuk memperkenalkan barang dan jasa kepada semua pelanggannya. Beberapa alat bauran pemasaran yang tak berfungsi dan berperan akan menurunkan gerak optimal fungsi komunikasi pemasaran. Pada gilirannya, memudarkan timbulnya kesadaran merek (Amanah & Harahap, 2018).

Kesadaran merek merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pengertian merek secara integral dalam konteks brand equity, sehingga kesadaran merek merupakan salah satu dimensi dari brand equity. Dalam kaitan dengan brand awareness, pengertian brand association dan brand image menjadi bagian yang selalu akan terkait dengan pengenalan merek dan akhirnya berubah menjadi kesadaran merek bagi para pelanggan organisasi atau perusahaan. Semua deskripsi tersebut memberi makna tersurat bahwa kesadaran merek hanya akan berfungsi dengan baik apabila semua elemen bauran pemasaran bergerak secara simultan dan teritegrasi, serta dijalankan oleh sumberdaya manusia yang handal (Amanah & Harahap, 2018).

IKLAN INFOBRAND.ID

Penerapan komunikasi pemasaran sangat penting dilakukan dengan tujuan meningkatkan brand awaraness, sehingga konsumen menjadi tertarik untuk memilih produknya. Untuk meningkatkan brand awareness bagi pelanggan, diharapkan komunikasi pemasaran harus dilakukan secara terpadu oleh perusahaan agar terjadi peningkatan yang signifikan terhadap brand awareness. Komunikasi di era digital telah berkembang secara dramatis, dan komunikasi yang efektif dapat menjadi pengubah dalam persaingan bisnis.

Perusahaan harus mampu melakukan komunikasi pemasaran dalam menganalisis kesadaran merek pelanggan serta mendapatkan produk yang sesuai dengan pandangan pelanggan dan memungkinkan mereka untuk melihat produk sendiri, menciptakan hubungan yang mempromosikan kesadaran merek yang kuat, sehingga dapat dikembangkan metode komunikasi pemasaran yang sesuai dan lebih tepat dalam menciptakan kesadaran merek pelanggan.

 

Dr. Dedy Ansari Harahap, SP., MM

Email : deanhar@yahoo.com

IKLAN INFOBRAND.ID

Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Islam Bandung

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...