Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Olenka Kembali Gelar Kampanye Minat Baca di Jakarta

Posted by: 559 viewer

Olenka Kembali Gelar Kampanye Minat Baca di Jakarta
Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini di SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2024). (Foto: Olenka)

INFOBRAND.ID - Olenka kembali menggelar kampanye minat baca bertajuk “Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini” di SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan pada Selasa (27/2/2024). Gerakan ini merupakan edisi kedua setelah acara kampanye minat baca di SD N Kedunghalang 03, Kabupaten Bogor pada Selasa (20/2/2024) lalu.

Pemimpin Redaksi Olenka, Cahyo Prayogo, menyampaikan bahwa anak-anak sekolah dasar merupakan sumber daya manusia (SDM) yang kelak akan mengoptimalkan peluang bonus demografi guna mewujudkan Indonesia Emas 2045. Salah satu langkah yang perlu dipersiapkan untuk mengoptimalkan peluang bonus demografi adalah memperdalam ilmu, yaitu dengan rajin membaca sejak dini.

“Kelak 20 tahun ke depan anak-anak akan menghadapi momentum bonus demografi dan peluang Indonesia Emas 2045. Salah satu persiapan yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan momentum tersebut adalah rajin membaca karena kesempatan itu tidak akan bisa didapatkan kalau tidak ada persiapan dari segi ilmu,” ujar Cahyo Prayogo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan, Karti Windikusuma, menyampaikan apresiasi kepada Tim Olenka karena telah menggelar Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini.

“Terima kasih kepada Tim Olenka karena sudah mau berbagi dengan anak-anak di SDN Kuningan Barat 01. Untuk anak-anak, jangan malas membaca karena buku adalah gudangnya ilmu. Dengan membaca, kalian akan semakin bertambah ilmunya, pengetahuannya, dan keterampilannya,” ujar Karti Windikusuma.

Kampanye Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini ini merupakan inisiatif Olenka untuk meningkatkan minat baca anak. Pasalnya, minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah.

Hal itu dibuktikan dari data Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,001% atau hanya satu dari 1.000 orang yang gemar membaca.

Selain itu, menurut laporan Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2022, Indonesia meraih skor 359 untuk kemampuan literasi membaca dan berada pada peringkat 71 dari 81 negara.

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu alasan mengapa literasi minat baca di Indonesia masih tergolong rendah adalah kurangnya dukungan keluarga dalam menciptakan budaya di rumah, jadi anak-anak kurang memahami kalau buku dapat menjadi rujukan untuk mendapatkan informasi. Selain itu, sulitnya akses untuk mendapatkan buku yang menarik bagi anak-anak juga menjadi salah satu faktornya.

Nantinya, kebiasaan membaca sejak dini akan berpengaruh pada kemampuan akademis anak. Menurut penelitian, buku bisa membuat anak lebih memiliki rasa empati karena ia terbiasa merasakan dan berpikir apa yang orang lain alami melalui karakter-karakter yang ada di buku.

Kampanye Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini yang digelar di SDN Kuningan Barat 01, Jakarta Selatan, dikemas dengan beberapa kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan literasi minat baca anak, seperti pengenalan manfaat membaca, mendongeng, bermain games, dan ditutup dengan penyerahan buku bacaan dari hasil donasi yang digalang Olenka.

“Setelah kegiatan ini, semoga anak-anak semakin semangat dan rajin membaca dan semoga acara ini dapat menambah kegemaran membaca pada anak-anak,” tutup Karti.

Maka dari itu, tidak berhenti di sini, Olenka akan terus melanjutkan inisiatifnya menggelar kampanye Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini di beberapa sekolah lain karena sejatinya #LiterasiButuhAksi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...