Ahad, 16 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengukur Kekuatan Marketing di Media sosial

Posted by: 4516 viewer

Mengukur Kekuatan Marketing di Media sosial
Ilustrasi marketing melalui media sosial

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Harus diakui kalau pengguna media sosial saat ini cukup tinggi, tak terkecuali di Indonesia. Dalam laporan digital yang dirilis We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2020 tercatat bahwa lebih dari 4,5 miliar orang telah menggunakan internet pada awal 2020. Dimana pengguna media sosial sendiri telah melampaui angka 3,8 miliar dari total populasi di dunia ini yang mencapai 7,75 miliar. Artinya, hampir 60 persen dari populasi dunia sudah online.

Sementara di Indonesia sendiri, berdasarkan data statistik telekomunikasi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan tujuan penggunaan internet didominasi penggunaan sosial media dan mendapat informasi atau berita dengan persentase masing-masing sekitar 79,13 persen dan 65,97 persen.

Data tersebut sekaligus membuktikan bahwa media sosial kini tak dapat dipandang sebelah mata, terutama untuk aktivitas marketing. Tentunya ini juga memberikan sinyal yang baik bahwa media sosial telah bertransformasi menjadi media marketing yang potensial dan menguntungkan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam hal ini, pasar akan menjadikan media sosial tersebut sebagai salah satu sumber informasi dan rujukan bisnis terpercaya. Ketika mereka sudah menjadikan media sosial tersebut sebagai salah satu panutan dalam bisnis, maka tinggal selangkah lagi menggerakkan mereka untuk menjadi pelanggan atau pengguna produk/layanan yang ditawarkan.

Adapun media sosial yang saat ini boleh dibilang cukup ampuh untuk membantu aktivitas marketing yakni Facebook, Instagram dan juga Youtube. Dimana seluruh media sosial tersebut telah berhasil mengubah cara pandang masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi di dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media ini, perusahaan atau brand tentunya bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.

Berpromosi dengan menggunakan media sosial tentu saja memiliki sejumlah keuntungan, diantaranya lebih hemat biaya dan juga efektif dalam penggunaanya. Selain itu, promosi bisa dilakukan secara viral marketing dan langsung dilihat oleh para calon konsumennya sehingga lebih mudah dalam menarik para konsumen baru. Media sosial juga dapat menjangkau beragam profil konsumen dari segmentasi yang ada.

Adapun hal yang harus diperhatikan saat melakukan aktivitas marketing melalui media sosial yaitu dimulai dari memilih platform yang tepat, menentukan strategi, fokus dan konsisten, jangan mengabaikan jumlah followers, posting secara teratur. Kalau semua langkah tersebut telah dijalankan dengan baik, yang terakhir adalah tinggal mengukur hasilnya saja, apakah sudah mencapai target atau belum.

Semoga bermanfaat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga

nubia Neo 2 5G Meluncur, Hadirkan Pengalaman Gaming Lebih Bertenaga
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi ZTE Mobile Devices meluncurkan nubia Neo 2 5G, ponsel gaming entry-level yang dirancang untuk menghadirka...


Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru

Gandeng Devina Hermawan, Kitchenette Hadirkan Sajian Spesial Baru
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Restoran keluarga Kitchenette milik Ismaya Group menggandeng koki Devina Hermawan dalam menghadirkan empat sajian spesial baru...


Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi

Flashy Tangkap Peluang Ekspansi dengan Digitalisasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan brand fesyen Flashy berhasil memanfaatkan digitalisasi untuk menangkap p...


Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta

Resmi MeLuncur, Chery Tiggo 5X Ditawarkan Rp239 Juta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi meluncurkan Tiggo 5X di pasar otomotif Indonesia dengan banderol harga mulai dari Rp239 j...