Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mengapa CSV Lebih Menarik Dibanding CSR?

Posted by: 1323 viewer

Mengapa CSV Lebih Menarik Dibanding CSR?
CSR to CSV.

INFOBRAND.ID - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan, dikenal dengan adanya konsep Corporate Social Responsibility (CSR). Selain itu, ada pula konsep Creating Shared Value (CSV), meskipun terdengar sangat mirip namun keduanya tidak sama.

Jika CSR hanya tentang melakukan hal-hal baik untuk masyarakat yang tidak memiliki manfaat langsung bagi perusahaan. Sementara, CSV berfokus pada penciptaan model bisnis inovatif yang akan menghasilkan produk atau layanan yang berdaya saing sekaligus membantu masyarakat.

  • Menghasilan Laba Kepada Perusahaan

Inti dari konsep CSV adalah bagaimana menciptakan manfaat bersama antara masyarakat dengan perusahaan. Tentu saja kegiatan atau program CSV yang dirancang, selain bermanfaat bagi masyarakat, memberikan imbal balik yang nyata bagi perusahaan, yang diukur dalam bentuk Social Returt on Investment (SROI) sebagai ukuran nilai yang didapatkan dari investasi yang dilakukan.

IKLAN INFOBRAND.ID

  • Solusi Ekonomi Masyarakat Sekitar

Poin ini tentu saja menjadi tujuan utama dari kegiatan sosial perusahaan, dengan konsep CSV membuat bantuan yang diberikan dapat berjalan secara berkesinambungan. Ibaratnya tidak hanya memberikan ikan, tapi kail, membuat masyarakat dapat terus menikmati hasil dari kerjasama dengan perusahaan.

  • Diferensiasi Kompetitif

Setiap perusahaan tentu memiliki bisnisnya sendiri yang berbeda dengan perusahaan lain. Karena program CSV yang dijalankan sejalan dengan kegiatan bisnis perusahaan, tentu saja menjadikan program yang dihadirkan memiliki keungguln tersendiri sehingga lebih kompetitif.

  • Pengembangan Bisnis

Program CSV dilakukan oleh perusahaan biasanya juga sesuai dengan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Sebagai contoh perusahaan FMCG memberdayakan masyarakat untuk membudidayakan Jahe yang kemudian hasil budidayanya digunakan sebagai bahan baku, sehingga perusahaan mendapatkan bahan baku yang berkelanjutan bahkan lebih murah. 

  • Langkah Strategis Perusahaan

Melihat empat poin di atas, jika dirangkai tentu saja menjadi sebuah langkah strategis bagi perusahaan. Tidak hanya sebagi strategi menambah pendapatan inti perusahaan, tapi juga menjadi langkah strategis agar bisnis berkembang secara berkelanjutan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...