Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mendorong Kolaborasi Antar Komunitas Bisnis dan Brand

Posted by: 843 viewer

Mendorong Kolaborasi Antar Komunitas Bisnis dan Brand
Kegiatan INFOBRAND FORUM merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh INFOBRAND.ID, sebagai ajang bertemunya para pelaku bisnis dan praktisi brand untuk mengikuti rangkaian seminar yang disampaikan oleh panelis.

INFOBRAND.ID - Dalam menjalankan berbagai aktivitas, manusia tidak pernah bisa melepaskan hakikatnya sebagai mahkluk sosial. Tak terkecuali dalam menjalankan bisnis atau perusahaan, manusia sebagai praktisi bisnis maupun profesional perlu benteraksi dengan lingkungan sekitar untuk keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community mengatakan, networking atau jejaring merupakan kebutuhan bagi pelaku bisnis maupun kalangan profesional yang bekerja di sebuah perusahaan. Karena pelaku bisnis maupun kalangan profesional perlu meningkatkan pengetahuan, hingga informasi dan tren terbaru yang sangat penting dalam perkembangan bisnis dan pekerjaan yang dijalankan.

Namun terkadang membangun networking sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Sebagian lagi perlu ada pihak yang memediasi atau sebuah komunitas. Dengan mengikuti sebuah komunitas, selain sebagai media membangun jejaring, pelaku bisnis dan brand dapat berinteraksi, bersinergi, dan menumbuhkan bisnis masing-masing.

IKLAN INFOBRAND.ID

” Di dalam komunitas juga ada fungsi brandingnya, jadi bukan hanya network dan knowledge, dengan adanya branding, Indonesia Brand Community akan lebih hemat. Juga diharapkan antara satu anggota dengan anggota yang lain saling mengenal, karena pertemanan itu penting dalam sebuah komunitas bisnis,” jelas Tri Raharjo.

Menjawab kebutuhan tersebut, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis menghadirkan Indonesia Brand Community (IBC), sebuah komunitas yang didedikasikan untuk memajukan dunia branding, communication, dan marketing di Indonesia. IBC bertujuan untuk menumbuh kembangkan brand-brand anggota melalui berbagai program kegiatan publikasi, konferensi, forum, promosi, training, company visit, pameran dan berbagai program lainnya. Serta mendorong kolaborasi antara komunitas IBC dan berbagai pihak, seperti dunia usaha, lembaga pendidikan, dan pemerintah untuk mengangkat brand-brand di Indonesia ke tingkat nasional dan internasional.

“IBC memiliki misi mendorong para profesional di bidang branding, komunikasi, pemasaran, dan pemilik merek untuk terus update pengetahuan, dan informasi baik secara daring maupun luring, serta memperluas jaringan relasi bisnis,” ujar Tri Raharjo.

Indonesia Brand Community juga diharapkan menjadi wadah yang dapat menginspirasi dan meningkatkan pengetahuan, kolaborasi, dan relasi bagi para anggotanya. Sebagai komunitas bisnis Indonesia Brand Community turut mendukung konsep dan strategi pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang saat ini telah menjadi realitas yang semakin tidak bisa terpisahkan dari tujuan utama berdirinya sebuah perusahaan atau organisasi.

Untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia Brand Community memiliki 4 (empat) program yang sejalan dengan 17 poin SDGs, yaitu; Poin ke-4 tujuan pendidikan berkualitas, Poin ke-8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Poin ke-11 Kota dan Komunitas Berkelanjutan, dan Poin ke-17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Karena itu, bagi Anda yang belum bergabung menjadi bagian dari Indonesia Brand Community, kami ingin mengajak untuk bergabung ke dalam komunitas ini. Mari wujudkan untuk mencapai visi Indonesia Brand Community, membangun dan memajukan brand-brand di Indonesia ke tingkat nasional dan internasional,” ajak Tri Raharjo.

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, Indonesia Brand Communitu adalah sebuah komunitas bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang brand, communication, dan marketing di Indonesia. Komunitas Indonesia Brand Community terdiri dari: Profesional di bidang branding, communication, dan marketing. Pemilik Brand yang berpengalaman dalam menjalankan bisnis. Akademisi yang minat akan bidang branding, communication, dan marketing.

Beberapa aktivitas yang dijalankan seperti IBC SUMMIT, merupakan kegiatan tahunan konferensi brand yang dihadiri oleh para profesional, pemilik brand, akademisi, praktisi dari berbagai perusahaan bertajuk Indonesia Brand Champion.

IBC FORUM, forum yang mengupas tema-tema terkini dan menarik dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang branding, communication, dan marketing.

IBC COMPANY VISIT, merupakan program kunjungan yang dilakukan oleh komunitas ke sebuah perusahaan atau brand dengan tujuan mendapatkan pengetahuan, pembelajaran, untuk memahami bagaimana praktek branding, communication, dan marketing yang diterapkan.

IKLAN INFOBRAND.ID

IBC TRAINING, merupakan program pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan anggota komunitas dalam branding, communication, dan marketing baik secara online maupun offline.

IBC BRAND DAY, kegiatan atau perayaan yang ditujukan untuk memperingati atau merayakan hari besar tertentu yang bertujuan untuk memperkenalkan brand, menjalin komunikasi dengan masyarakat, dan membangun citra positif brand.(***)

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...