Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Merevitalisasi Marketing

Posted by: 954 viewer

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Merevitalisasi Marketing
Elvira Jakub, Head of Industry Google Indonesia/INFOBRAND.ID

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, perubahan perilaku konsumen dan kompleksitas pasar menjadi tantangan utama bagi para pemasar. 

Perubahan signifikan dalam perilaku konsumen yang dipicu oleh masuknya digitalisasi. Dalam konteks ini, pandemi COVID-19 mempercepat pergeseran konsumen menuju platform digital. 

"Fenomena ini menciptakan dampak mendalam pada pemasaran, dengan konsumen sekarang memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan lebih dari satu merek sebelum membuat keputusan pembelian," kata Elvira Jakub, Head of Industry Google Indonesia dalam paparannya di Infobrand Summit 2024 belum lama ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan perkembangan ini, perjalanan keputusan konsumen menjadi semakin kompleks. Awalnya, kesadaran tentang produk biasanya diikuti oleh keputusan pembelian. 

"Namun, sekarang, terdapat kebingungan dan kekurangan kepercayaan yang menciptakan perjalanan yang lebih panjang dan rumit. AI, menjadi solusi yang efektif untuk menavigasi kerumitan ini," ujarnya.

Elvira menambahkan, dirinya mencatat bahwa penggunaan AI oleh pemasar telah meningkat secara signifikan sejak 2017, dengan sektor seperti otomotif dan telekomunikasi memimpin dalam mengadopsi teknologi ini. 

"Keberhasilan AI terlihat dalam pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi operasional," jelasnya.

Selain itu, pertumbuhan AI di Indonesia menurut Elvira, telah mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam adopsi AI di bidang pemasaran. Dengan pertumbuhan sebesar 70 persen, Indonesia menjadi negara pertama dengan tingkat konsumsi digital yang tinggi. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Dengan prospek adopsi digital yang masif hingga 2030, AI dipandang sebagai kunci untuk mencapai keberhasilan dalam kampanye pemasaran," paparnya lagi.

Meskipun AI telah membuka peluang baru, Elvira menegaskan bahwa kesuksesan teknologi ini bergantung pada sumber daya manusia yang mumpuni. Pelatihan dan pengembangan profesional yang fokus pada keahlian AI menjadi kunci untuk memastikan bahwa teknologi ini digunakan dengan maksimal.

"Secanggih apapun pesawat tempur kalau pilotnya biasa saja ya hasilnya biasa saja," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...