Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Melalui Pendampingan dan Pembinaan, SIG Konsisten Dorong Kinerja UMKM

Posted by: 384 viewer

Melalui Pendampingan dan Pembinaan, SIG Konsisten Dorong Kinerja UMKM
SIG Konsisten Dorong Kinerja UMKM/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Rumah BUMN PT Semen Indonesia Tbk (SIG) di Rembang, Jawa Tengah, yang dikelola oleh PT Semen Gresik, terus mendorong kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui pendampingan dan pembinaan intensif serta menyeluruh.

“(Kinerja UMKM tersebut) mulai dari proses produksi hingga pemasaran. Apalagi, ini tidak hanya membantu UMKM naik kelas, namun juga mempromosikan budaya Indonesia sehingga mampu bersaing di level nasional bahkan global,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan resminya dikutip Kamis (29/2/2024).

Salah satu bentuk keberhasilan yang menjadi contoh ialah Pegiat UMKM asal Rembang bernama Armida Triani. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai pengusaha, Armida mempromosikan padu padan kain Nusantara pada desain pakaian kekinian untuk anak dan bayi dengan merek Littlekaaya pada 2019, yang kini terus mengalami kemajuan berkat pendampingan dari Rumah BUMN (RB) SIG.

Transaksi dalam bisnis fesyen bayi dan anak disebut lebih cepat daripada orang dewasa, mengingat tumbuh kembang anak yang begitu cepat.

Secara rata-rata, Littlekaaya bisa menjual 125 item dengan omzet Rp15 juta per bulan. Apabila sedang ramai, bisa mencapai Rp35 juta, terutama saat menjelang Ramadan dan Idulfitri, permintaan akan lebih tinggi dari biasanya.

Produk-produk Littlekaaya dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, desain yang tidak termakan oleh zaman dan perubahan tren (timeless), nyaman dipakai, serta mempromosikan kain nusantara yang saat ini populer di berbagai kalangan.

Pemasaran produk dilakukan melalui media sosial dan marketplace untuk memaksimalkan semua fitur layanan, seperti live sale dengan bekal pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan digital marketing dan public speaking dari RB Rembang. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Pembeli produk tersebut berasal dari Jabodetabek sampai luar pulau Jawa, seperti Lampung, Riau, Aceh, Bangka Belitung, Makassar, dan Papua.

Sejak bergabung dengan RB Rembang pada 2021 lalu, Armida telah mendapatkan pelatihan branding, digital marketing, public speaking, dan keuangan. 

Dia juga mengaku sering difasilitasi untuk mengikuti pameran-pameran, seperti Future SMEs Village Side Event G20 di Bali pada 2022, BUMN uRBan SUB Fest di Parkir Timur Plaza Surabaya pada 2022, dan Bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah Jakarta pada 2023.

Selain itu, RB Rembang juga membantu dalam proses sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan pendampingan dalam mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk meningkatkan daya saing sehingga mampu naik kelas.

Vita Mahreyni mengatakan bahwa kesuksesan Armida dalam mengembangkan bisnis fesyen bayi dan anak semakin menambah daftar pelaku UMKM yang telah terbantu kehadiran RB Rembang.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Prestasi ini kian menegaskan peran signifikan RB Rembang dalam memajukan UMKM yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...