Kamis, 18 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Lewat Sandyakata Smara, Denny Wirawan Berupaya Lestarikan Batik Kudus

Posted by: 799 viewer

Lewat Sandyakata Smara, Denny Wirawan Berupaya Lestarikan Batik Kudus
Peragaan busana Batik Kudus/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Desainer ternama Denny Wirawan menggelar peragaan busana di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang melibatkan 70 peraga dengan koleksi terbaru batik Kudus bertajuk "Sandyakala Smara" demi melestarikan batik Kudus dan meningkatkan perekonomian pembatik lokal.

"Fashion show terbesar ini merupakan yang keempat," kata Denny Wirawan dikutip Antara, Kamis (7/9/2023).

Menurut dia lagi, batik Kudus kembali menjadi bagian penting dari perjalanan kreatif dirinya sejak tahun 2015. Tahun ini menandai sewindu keindahan batik Kudus memberikan inspirasi yang membuat dirinya terus mengeksplorasi dan berkreasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Koleksi 'Sandyakala Smara' saya persembahkan sebagai bentuk dedikasi untuk menggali lebih dalam lagi potensi-potensi yang ada pada motif batik Kudus yang belum tereksplorasi, setelah sebelumnya hadir koleksi pasar malam, padma, dan wedari,” ujarnya.

Sementara itu, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, mengungkapkan, Sandyakala Smara ini adalah bentuk dukungan tulus dalam melestarikan dan mengapresiasi kekayaan wastra budaya Indonesia.

Khususnya, kata dia, batik Kudus yang memukau dan menginspirasi kreativitas untuk terus mengeksplorasi serta memperkaya keindahan yang tak ternilai dari kain-kain Indonesia.

"Setelah delapan tahun perjalanan yang luar biasa, dengan bangga kami membawa batik Kudus kembali ke akarnya, ke Kota Kudus, yang dikenal sebagai Kota Kretek, untuk perayaan penuh makna dan inspirasi," jelasnya.

Dia menambahkan, menggambarkan bahwa Kudus bukan hanya dikenal sebagai penghasil kretek, tetapi juga memiliki batik yang bernilai tinggi sekaligus menghargai perjalanan panjang dalam berkarya lewat kain dan pola yang telah memberikan warna baru bagi dunia mode Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kegiatan ini dihadiri sekitar 250 tamu undangan yang datang untuk mengenal dan menjelajahi budaya Kota Kudus. Ini merupakan sebuah kesempatan untuk mengenalkan daya tarik Kota Kretek sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Sandyakala Smara Koleksi Batik Kudus 2023 - 2024 ini mengajak kita untuk merasakan kisah indah yang terinspirasi dari keelokan Kebaya dan Kain Batik Kudus," paparnya.

Mengambil ciri khas gaya "kebaya encim" serta kain batik Kudus sebagai padanannya di dekade 1930-an hingga 1950-an, Denny Wirawan menghadirkan kembali kecintaannya terhadap wastra Indonesia yang mengalir tak pernah usai.

Memadukan mahakarya dari para artisan batik yang penuh keindahan dan filosofi, dalam helai-helai busana yang dibuat dengan cinta. 

Kolaborasi dengan para pembatik binaan Bakti Budaya Djarum Foundation dan para pembatik pesisir di Pekalongan, serta kolaborasi dengan kolektor batik Agam Riyadi, juga turut memperkaya koleksi batik yang ditampilkan pada gelaran Sandyakala Smara.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...