Rabu, 28 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Lazada Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai dari Sampah e-Commerce

Posted by: 1099 viewer

Lazada Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai dari Sampah e-Commerce
Lazada/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Lazada Indonesia bersama Archipelagic and Island States (AIS) Forum, di bawah naungan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai, mangrove, dan koral di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kemenkomarves, Jodi Mahardi, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk memastikan keberlanjutan lingkungan laut dan lebih memahami laut.

"Kita semua tahu bahwa solusi untuk tantangan global ini banyak dan memerlukan pertimbangan pendekatan sistemik terhadap berbagai sumber yang menghasilkan polusi, baik kontributor berbasis darat dan laut, dan kombinasi intervensi di berbagai sektor dan pada tingkat yang berbeda," kata dia dalam keterangannya dikutip Senin (13/3/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Itulah sebabnya seluruh pihak baik pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan organisasi masyarakat – perlu bekerja sama dan mengoordinasikan upaya kita untuk mengatasi tantangan ini, kata dia.

Sementara itu Budi Primawan, Vice President - Government Affairs, Lazada Indonesia menyatakan senang atas berkolaborasi dengan AIS Forum dan Kemenkomarves untuk menjalankan inisiatif lingkungan.

"Kami sejak lama memiliki kepedulian untuk bisa berkontribusi untuk melindungi lingkungan kita, termasuk dengan menjalankan operasional bisnis yang lebih hijau dengan menyediakan kemasan paket yang lebih ramah lingkungan untuk para pelanggan Lazada," ujarnya.

Budi berharap kolaborasi ini juga bisa menjadi pendorong para pemangku kepentingan lain untuk bekerja sama memecahkan masalah-masalah lingkungan demi kelestarian alam Indonesia.

Menurut Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Pandemi Covid-19 juga telah meningkatkan aktivitas jual beli online hingga 37 persen dan menurut Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2020 menyebutkan 96 persen paket e-commerce dibungkus dengan bahan plastik.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemasan yang sering dijumpai antara lain selotip, plastik wrap, dan bubble wrap. Masalah ini menjadi tanggung jawab bersama, baik itu pemerintah, swasta, akademisi, dan juga masyarakat. 

Sebagai upaya membangun kolaborasi semua pihak dalam penyelesaian masalah sampah, AIS Forum dan Lazada Indonesia mengadakan rangkaian program untuk membersihkan ekosistem pantai, mangrove dan laut kita bernama Islands Clean-up.

Acara bersih-bersih dihadiri oleh lebih dari 100 relawan dari berbagai komunitas seperti Divers Clean Action, serta perwakilan dari beberapa Duta Besar negara partisipan AIS Forum, UNDP Indonesia, Kemenkomarves, dan Lazada Indonesia. 

Para relawan memulai kegiatan bersih-bersih pantai, mangrove, dan koral, serta penanaman koral, di sekitar wilayah Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan

Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Jatim menyalurkan corporate social responsibility (CSR) berupa satu unit mobil kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan untu...


Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik

Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik
INFOBRAND.ID - Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Terutama sampah platik, yang tidak dapat terurai secara alami, akan m...


Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel

Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan pembangunan...


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...