Jum'at, 14 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Komunitas TOSCA Apresiasi Toyota Soal Program Recall

Posted by: 476 viewer

Komunitas TOSCA Apresiasi Toyota Soal Program Recall
Komunitas TOSCA/Dok. Istimewa

INFOBRAND.ID-- Toyota Sienta diumumkan termasuk ke dalam daftar mobil yang terkena recall belum lama ini. Komunitas pengguna Sienta ternyata malah memberikan apresiasi bagi Toyota atas pengumuman tersebut. Berdasarkan keterangan resmi dari PT Toyota Astra Motor (TAM), Sienta yang terkena recall adalah tahun produksi Juni 2016 hingga April 2020. Disebutkan bahwa total Sienta yang terdampak pada periode produksi tersebut mencapai 39.238 unit.

Permasalahannya adalah pada Front Garnish Pillar Clip, yang berada di pilar depan (pilar A) berpotensi mengalami kebocoran, karena performa sealer yang kurang maksimal.

Nandang, Ketua Umum Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca), mengatakan, sejauh ini teman-teman di komunitasnya belum ada keluhan. Tapi, tetap akan melakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan mobil baik-baik saja. "Menurut saya, komitmen Toyota bagus. Walaupun Sienta sudah setop produksi, tapi mereka tetap memberikan perhatian terhadap produk Toyota," kata Nandang.

IKLAN INFOBRAND.ID

Nugroho Ferry, memberTosca, juga memberikan komentar yang senada. Menurutnya, Toyota memiliki komitmen yang sangat baik.

"Mereka menyadari ada potensi kualitas yang kurang baik dan dilakukan perbaikan. Unit yang sudah lepas garansi dan cukup berumur, tetapi mereka jujur sekali untuk mengumumkan ini dan bertanggung jawab mengakui recall," ujar Ferry. Perlu diingat, konsumen tinggal datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Konsumen tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Son Ashari, Service Manager bengkel resmi Astrido Toyota Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan mengutarakan dampak korsleting ECU PSD dari rembesan air yang berasal dari pilar A Front Garnish Pillar Clip. "ECU PSD korsleting maka pengoperasian power sliding nonkatif," sebut Son. "Memang benar pintu samping bisa tiba-tiba terbuka saat mobil sedang berjalan karena ECU PSD korsleting," imbuhnya.

Dalam kondisi power sliding mati pintu samping tetap bisa dioperasikan secara manual. Namun ada efek samping yang timbul jika dipaksa pengoperasian pintu secara manual. "Sling bisa kendur bahkan putus, pada bagian motor mata gir juga bisa aus dan rontok," beber Son.

Dalam program recall Toyota Sienta akan dilakukan pemeriksaan dan penggantian Front Garnish Pillar Clip pada pilar A untuk mengembalikan daya tahannya dalam menahan rembesan air. Juga pengecekan pada jalur sambungan listrik apakah sudah mengalami kontak dengan air atau belum.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Pada ECU PSD akan diprogram ulang, total pengerjaan sekitar 3 jam," ujar Son.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Sinergi WINGS for UNICEF Bersama SoKlin Wujudkan Generasi Bersih Sehat

Sinergi WINGS for UNICEF Bersama SoKlin Wujudkan Generasi Bersih Sehat
INFOBRAND.ID - WINGS Group Indonesia melalui program WINGS for UNICEF, meluncurkan kampanye "Generasi Bersih Sehat" untuk mendukung layanan...


ISFEX 2024 Hadirkan Berbagai Solusi Kebutuhan Fasilitas dan Perlengkapan Olahraga

ISFEX 2024 Hadirkan Berbagai Solusi Kebutuhan Fasilitas dan Perlengkapan Olahraga
INFOBRAND.ID - Indonesia Sport Facilities Expo (ISFEX) 2024 resmi dibuka di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, dan akan terselenggara pad...


Begini Strategi Jitu Pos Indonesia Selamat dari Pandemi

Begini Strategi Jitu Pos Indonesia Selamat dari Pandemi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah menjadi ujian yang luar biasa bagi perusahaan di seluruh dunia. Di tengah pembatasan, penutupan bisnis,...


Melalui Body Emulsion Scrub, Beautetox Raih Penghargaan Pertama di Indonesia

Melalui Body Emulsion Scrub, Beautetox Raih Penghargaan Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID,JAKARTA - Dunia bisnis yang terus berkembang, persaingan semakin ketat. Untuk memenangkan hati konsumen, pelaku bisnis dan brand dituntut...