Kamis, 23 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kampanye Pilah Sampah, Unilever Kolaborasi dengan Masjid Istiqlal

Posted by: 610 viewer

Kampanye Pilah Sampah, Unilever Kolaborasi dengan Masjid Istiqlal
Kolaborasi Unilever-Masjid Istiqlal Kampanye Pilah Sampah/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk berkolaborasi dengan Masjid Istiqlal dalam rangka kampanye pilah sampah untuk kebutuhan daur ulang sekaligus menghindari penumpukan di tempat pembuangan akhir (TPA).

"Meningkatnya aktivitas jamaah di bulan Ramadhan berpotensi menimbulkan banyaknya volume sampah di sekitar Masjid Istiqlal. Apabila sampah-sampah tidak dipilah dan dikelola maka hanya akan dikirimkan ke TPA," kata Corporate Secretary and Director of Sustainability & Corporate Affairs Unilever Indonesia, Nurdiana Darus dikutip Antara, kamis (21/3/2024).

Nurdiana mengatakan, Bulan Suci Ramadhan adalah momentum yang baik untuk meningkatkan ibadah kepada Yang Maha Kuasa, meningkatkan hubungan baik kepada sesama manusia, dan juga kepada lingkungan sekitar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut dia, masjid seakan menjadi rumah ke dua bagi masyarakat untuk beribadah dan melakukan aktivitas lainnya sehingga turut meningkatkan potensi adanya sampah.

Untuk itu, Unilever bersama Pengurus Masjid Istiqlal bersinergi untuk mengkampanyekan kegiatan pilah sampah untuk selanjutnya di daur ulang untuk memberikan nilai tambah ekonomi dan juga turut merawat ekologi.

"Sampah yang terpilah untuk proses selanjutnya itu ada 300 kilogram per hari. Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengolah sampah dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Her Pramtama mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan terdapat peningkatan jumlah jamaah maupun kunjungan lainnya.

Adapun pada hari biasa Senin hingga Kamis terdapat sekitar 4.000 jamaah per hari berkunjung ke Masjid Istiqlal. Sementara hari Jumat, Sabtu, dan Minggu jumlah pengunjung mencapai 8.000 orang per hari.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sedangkan pada bulan Ramadhan di hari Senin sampai Kamis biasanya terdapat 8.000 kunjungan per hari. Kemudian pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mencapai belasan ribu orang per hari.

Dengan demikian, dapat dibayangkan timbunan sampah dari berbagai bungkus makanan dan minuman, plastik bekas penyimpanan alas kaki, dan lainnya.

Dia pun mengapresiasi upaya Unilever dalam membantu edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya serta memilah sampah.

"Banyak instansi pemerintah atau sektor swasta menyumbang tong sampah. Yang kami butuhkan di Masjid Istiqlal adalah edukasi kepada jamaah atau masyarakat untuk mau memilah sampah," jelasnya.

Her Pramtama mengatakan, pada delapan hari pertama bulan Ramadhan berhasil memilah sampah sebanyak 2,5 ton.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut dia, sampah kertas atau botol plastik bekas dapat digunakan kembali menjadi kemasan baru dengan cara didaur ulang sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Dia berharap, kegiatan edukasi untuk meningkatkan kesadaran memilah sampah dapat terus meluas sehingga upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan tetap terjaga.

"Mungkin jumlahnya masih sedikit saat ini, tetapi ini adalah langkah besar di era modern yang sesuai ajaran Islam bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern

Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand lokal Vannoe menawarkan produk Interactive Flat Panel (IFP) VTK Series, sebuah layar pintar interaktif untuk solusi papa...


Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk

Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyatakan identitas merek merupakan jaminan orisinalitas dari suatu produk Indikasi G...


NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya

NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia mengumumkan bahwa mobil listrik NETA V-II, yang sebelumnya diperkenalkan di ajang Periklindo Electric V...


Begini Langkah Honda Menuju 100 Persen EV di 2040 

Begini Langkah Honda Menuju 100 Persen EV di 2040 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Honda Motor Co., Ltd. menegaskan komitmennya untuk memenuhi target pencapaian 100 persen terhadap produk elektrifikasi pada ta...