Kamis, 29 Februari 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gerakan Tanam Pohon, PT JIEP Sumbang 200 Pohon

Posted by: 389 viewer

Gerakan Tanam Pohon, PT JIEP Sumbang 200 Pohon
Gerakan Tanam Pohon/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA  - PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menyumbang sekitar 200 pohon dalam gerakan tanam pohon bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengatasi perubahan iklim dan penanganan polusi udara di DKI Jakarta.
 
"JIEP sumbang 200 pohon yang memang secara khusus kita kurasi sesuai dengan rencana pengembangan area hutan kota kita ini untuk menjadi epicentrum Ruang Terbuka Hijau baru di DKI Jakarta nantinya" kata Pelaksana Harian (Plh) Direktur Utama PT JIEP Dharma Satriadi dalam keterangan tertulisnya dikutip Kamis (30/11/2023).
 
Adapun sebanyak 200 pohon itu terdiri dari 150 pohon ketapang kencana dan 50 pohon trembesi mas. Lokasi penanaman pohon juga disediakan seluas 1,5 hektare.
 
Dharma menyebut, saat ini hutan kota PT JIEP memiliki luasan seluas 8,9 hektare yang nantinya setelah penanaman hari ini akan dilakukan program penanaman pohon secara menyeluruh. 

Selain itu, lahan ini juga akan difungsikan sebagai taman kota yang dilengkapi dengan fasilitas lintasan jogging (jogging track) yang bisa dimanfaatkan oleh para karyawan di kawasan industri Pulogadung maupun masyarakat sekitar.
 
JIEP juga memiliki konsep perencanaan untuk bisa menghadirkan ruang terbuka hijau terluas di DKI Jakarta seluas 90 hektare dimasa mendatang. Area terbuka hijau tersebut direncanakan akan terdiri dari danau dan hutan kota sehingga bisa diandalkan sebagai paru-paru kota Jakarta yang baru.
 
PT JIEP turut senang mendapat sebuah kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Gerakan Tanam Pohon Bersama yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi yang berlangsung di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung.
 
Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi lintas Lembaga yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia serta didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai langkah bersama untuk mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, serta polusi yang sudah dirasakan secara nyata.
 
Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada perusahaan dan asosiasi pengusaha, khususnya PT JIEP yang telah berpartisipasi dalam gerakan penanaman pohon tersebut.
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada banyak perusahaan, asosiasi, yang berpartisipasi. Ada PT JIEP, APHI, semua yang menggerakan," kata Jokowi.
 
Adapun pencanangan gerakan menanam pohon di Indonesia ini disesuaikan dengan datangnya musim hujan yang membantu proses pertumbuhan tanaman melalui serapan air.
 
Presiden Jokowi memimpin penanaman sekitar 744 jenis tanaman di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung pada lahan seluas 1,5 hektare.
 
Jenis tanaman tersebut adalah Ketapang Kencana 145 batang pohon, Mahoni 167 batang, Pulai 70 batang, Bungur 85 batang, Trembesi 86 batang, Sawo kecik 87 batang, Tabebuia Pink 50 batang, Tabebuia kuning 42 batang, Buttercup enam batang, Sapu tangan empat batang, dan Gayam dua batang.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan

Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Jatim menyalurkan corporate social responsibility (CSR) berupa satu unit mobil kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan untu...


Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik

Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik
INFOBRAND.ID - Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Terutama sampah platik, yang tidak dapat terurai secara alami, akan m...


Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel

Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan pembangunan...


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...