JAKARTA, INFOBRAND.ID - Salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, FedEx Express resmi mengumumkan peluncuran empat penerbangan antarbenua baru yang berasal dari Asia Pasifik (APAC), dengan menyediakan konektivitas yang ditingkatkan, serta kapasitas mingguan hampir 1.400 ton (1.390.000 kg), dan akses yang lebih besar ke pelanggan APAC di jalur trans-Pasifik, intra-Asia, dan Eropa.
Peningkatan tersebut berguna ntuk memperkuat komitmen FedEx dalam memenuhi permintaan pelanggan akan kapasitas yang andal dan layanan yang ditingkatkan, terutama untuk e-commerce dan pengiriman kelas berat di wilayah tersebut. Pada tahun 2020 saja, penjualan ritel online di APAC menghasilkan sekitar US$2,45 triliun, menyumbang lebih dari 60% penjualan e-commerce global, dan lebih dari setengah pembeli online di APAC melakukan pembelian lintas batas.
Dua penerbangan trans-Pasifik berangkat dari FedEx APAC Hub di Guangzhou, Cina, melewati Anchorage, AS ke Oakland, AS, dan melewati Anchorage ke Indianapolis dan Memphis, AS kemudian kembali melalui Anchorage dan Incheon, Korea Selatan ke Guangzhou selama lima kali minggu, menyediakan konektivitas dan kapasitas yang ditingkatkan kepada pelanggan antara Cina Selatan, Asia Utara, dan Amerika Utara.
Selain itu, pelanggan FedEx di seluruh kawasan mendapat manfaat dari konektivitas tambahan dan kapasitas yang andal ke Eropa, dengan penerbangan Boeing 777 yang beroperasi dari FedEx APAC Hub di Guangzhou, Cina sebanyak dua kali, dan dari FedEx North Pacific Regional Hub di Osaka, Jepang sebanyak tiga kali seminggu, ke FedEx Charles de Gaulle (CDG) Hub di Paris, Prancis.
APAC hadir sebagai marketplace besar dengan perkiraan ekspor barang dagangan yang akan menunjukkan pemulihan kuat sebesar 13% Tahun-ke-Tahun (YoY) pada tahun 20212. Melalui ekspor China yang mencapai peningkatan3 32% YoY, diikuti oleh pertumbuhan yang terlihat pada ekspor4 Jepang, dan Korea Selatan, yang sekarang melebihi ukuran ekonomi pra-pandemi.
“FedEx berfokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang terus berkembang, dan peningkatan jaringan ini, semakin menunjukkan komitmen kuat kami untuk mendukung pelanggan kami dan wilayah ini untuk membantu pemulihan. Kami melihat keseluruhan permintaan ekspor dari Asia Pasifik pulih dengan cepat ke tingkat sebelum masa COVID8,” kata Kawal Preet, selaku President of the Asia Pacific, Middle East, and Africa (AMEA) region at FedEx Express.
Penerbangan tambahan tentunya akan memberdayakan pelanggan untuk memanfaatkan potensi penuh perdagangan lintas batas, menempa arus perdagangan intra-Asia, trans-Pasifik, dan Asia-Eropa yang lebih kuat, karena ekonomi di seluruh Asia Pasifik akan terus pulih.