Kamis, 18 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Dukung Pencapaian SDGs, Kalbe Farma Sediakan Akses Air Bersih di Wonogiri

Posted by: 1222 viewer

Dukung Pencapaian SDGs, Kalbe Farma Sediakan Akses Air Bersih di Wonogiri
Kalbe Farma Sediakan Akses Air Bersih di Wonogiri/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berkomitmen mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable deveopment goals (SDGs) melalui penyediaan akses air bersih di Wonogiri, Jawa Tengah.

Hal itu sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat sehat lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai komitmen keberlanjutan di bidang kesehatan dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola.

"Kalbe tetap berkomitmen mendukung SDGs, salah satunya dengan menyediakan akses air bersih guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Assistant Manager of Sustainability Kalbe Farma, S.F.D. Arie Wibowo dalam keterangan resmi dikutip Rabu (8/3/2023)

IKLAN INFOBRAND.ID

Kalbe membuat dua sumber air bersih yakni di Desa Boto, dan Desa Watuagung, Kecamatan Baturetno, Wonogiri, Jawa Tengah.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Wonogiri, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kalbe karena telah melakukan program CSR untuk pembangunan sarana air bersih," kata Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno.

Pembangunan sumber air bersih ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Boto dan Desa Watuagung. Peresmian saluran air bersih akan dilakukan di Desa Boto, Kecamatan Baturetno, Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis 9 Maret besok.

Ada delapan kecamatan di Wonogiri, namun baru ada dua sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal di Kecamatan Baturetno, yaitu di Desa Boto dan Desa Watuagung.

"Jadi, kami berharap ada bantuan lagi dari Kalbe untuk wilayah lain di Wonogiri. Sebab, kami terkendala dengan masalah dana sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan sumber air bersih di Kabupaten Wonogiri," kata Setyo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pembangunan akses air bersih sudah mulai dilakukan sejak 2013 di Desa Watuagung dengan jumlah anggaran Rp50 juta. Awalnya, hanya lima kepala keluarga berhasil mendapat aliran air bersih yang dikelola oleh Paguyuban Tirta Asri, Watuagung.

Kini, sekitar 80 kepala keluarga di desa tersebut sudah mendapat akses aliran air bersih, kata Matheus Dwi Pramono dari Paguyuban Tirta Asri, Watuagung.

Kemudian, pembangunan akses air bersih dilanjutkan ke Desa Boto, Wonogiri, pada September 2022. Sebanyak 8.520 Insan Kalbe bergerak mengumpulkan dana donasi sebesar Rp211.657.966 yang didapat dari berbagai macam usaha.

"Berkat pembangunan akses air bersih sukses dilakukan, mampu menjangkau 112 kepala keluarga di Desa Boto," kata Antonius Agus dari Paguyuban Manunggal Lestari, Boto.

Program akses air bersih tersebut berawal dari kegiatan Kalbe sebelumnya, seperti pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan, di tiga lokasi di Wonogiri. Dari salah satu komunitas di wilayah itu, Arie mendapat informasi tentang perlunya akses air bersih, yang dikembangkan menjadi inisiatif untuk menciptakan akses air bersih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada 2020, Kalbe berkolaborasi dengan Kalbis Institute melakukan aksi menanam pohon di sepanjang jalur hijau Desa Boto, Wonogiri, Jawa Tengah. Sebanyak 1.000 bibit pohon yang terdiri atas pohon jati dan gayam ditanam dengan melibatkan kolaborasi dunia usaha, akademisi dan warga setempat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang

Nissan Uji Coba Baterai Solid-State Mobil Listrik di Jepang
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Nissan hari ini memamerkan line produksi uji coba baterai solid-state yang sedang dalam konstruksi kepada media di Pabri...


Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi

Pertahankan Kesetiaan Pelanggan, Brand Harus Terus Berinovasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand dan perusahaan di seluruh dunia saat ini berhadapan dengan lanskap bisnis yang semakin kompetitif dengan perubahan yang...


Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma

Sukseskan Mudik-Balik 2024, PT PP Optimalkan Fasilitas Rest Area KM 260B Banjaratma
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero), melalui anak usaha PT PP Sinergi Banjaratma yang bergerak dalam bidang Rest Ar...


Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat

Periode Lebaran 2024, AirNav Layani 52.567 Pergerakan Pesawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia melayani 52.567 pe...