Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Cara Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce  

Posted by: 1461 viewer

Cara Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce  
Ilustrasi foto 7 Kiat Penting bagi Penjual Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di Ecommerce

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Festival belanja menjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan eCommerce dengan tujuan meningkatkan penjualan produk. Berbagai promo dan penawaran menarik disiapkan oleh eCommerce untuk memanjakan para konsumen. Di sisi lain, para penjual juga selalu menantikan pelaksanaan festival belanja di eCommerce, karena terbukti menjadi peluang bagi penjual untuk meningkatkan penjualan. 

Festival belanja pun kini semakin sering dilakukan, seperti yang kerap dilakukan di tanggal kembar. Di bulan Juli ini ada 7.7 menjadi festival belanja yang tengah digelar oleh sejumlah e-Commerce. Para penjual pun telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan.

Haikal Bekti Anggoro, SVP - Seller Operations, Lazada Indonesia mengungkapkan, jelang festival belanja, penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan. Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lantas bagaimana cara meningkatkan penjualan di momen festival, berikut beberapa tips yang diberikan oleh Haikal, salah satu petinggi di salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia ini.

  1. Tampilkan produk Anda secara menarik

Kiat paling dasar adalah pastikan produk Anda nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jarak foto yang tidak terlalu jauh agar detail foto terlihat jelas. Usahakan mengambil foto dari beragam sudut pengambilan gambar, dan juga foto ketika produk tersebut dipergunakan oleh orang. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.

  1. Bangun value untuk produk dan toko Anda, dan jadikan sebagai daya jual 

Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan harga produk. Oleh sebab itu, penting untuk membangun value dari produk yang Anda jual agar Anda bisa "bercerita" bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli. Perwujudan dari value bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk. Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja. 

  1. Pahami algoritma eCommerce tempat Anda berjualan untuk mendorong trafik ke toko

Saat ini eCommerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait. Lengkapi juga detail produk termasuk warna, ukuran, bahan, dan lainnya. Pastikan juga produk Anda terdaftar di kategori produk yang benar. Tentunya penjelasan produk pada kolom deskripsi juga harus rinci untuk mendorong terjadinya pembelian saat calon pembeli sudah masuk ke halaman produk toko Anda. 

  1. Manfaatkan media sosial untuk menarik trafik ke toko Anda 

Biasanya sebuah toko atau brand juga memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produk dengan basis follower yang sudah terbentuk. Memanfaatkan media sosial toko atau brand Anda, atau bahkan media sosial pribadi Anda, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Anda. Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk. Cobalah untuk mengarahkan transaksi langsung dari platform eCommerce supaya terdapat catatan penjualannya di toko eCommerce Anda. 

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Bangun penilaian dan ulasan baik untuk toko dan produk Anda 

Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko Anda. Oleh karena itu, pemilik toko harus berupaya mendapatkan ulasan baik dari pembeli dengan cara memberikan layanan terbaik. Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan. Selain menyapa dan mengingatkan pembeli, memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko Anda. Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya. 

  1. Manfaatkan fitur dan program yang ditawarkan platform eCommerce, termasuk livestreaming

Setiap platform eCommerce memiliki berbagai fitur dan program yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk meningkatkan penjualan tokonya, seperti voucher dan gratis ongkir. Fitur livestreaming seperti LazLive juga bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Jangan ragu untuk manfaatkan berbagai fitur dan program ini sesuai dengan kebutuhan toko Anda demi menjaring pelanggan lebih luas. Bagi penjual di Lazada, jangan lupa juga untuk melakukan analisis secara lengkap dari performa toko Anda melalui dasbor interaktif Bisnis Analisis di Seller Center Lazada.

  1. Miliki mental untuk terus belajar dan berusaha

Berjualan online bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu menjadi guru terbaik, dimana penjual akan dapat menemukan pendekatan dan strategi terbaik untuk bisnisnya seiring dengan perjalanan usaha, termasuk dalam persiapan menghadapi festival belanja di eCommerce. Lazada sendiri menyediakan program pelatihan Lazada University untuk penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual melalui Seller Center. Selain itu, manfaatkan komunitas penjual Lazada di kota Anda untuk bisa mendapatkan berbagai insight berharga langsung dari para penjual yang sudah lebih dulu sukses. Jadi, tetaplah semangat belajar karena itu bisa menjadi jalan ninja Anda untuk meraih cuan dalam festival belanja tanggal kembar! 

Menurut Haikal, semua fitur dan program untuk penjual di Lazada memang dirancang untuk membantu penjual yang ingin mengembangkan usahanya di ranah eCommerce. Fitur-fitur ini bagaikan buku menu yang bisa dipilih pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Yang penting, mulai saja dulu mendaftar menjadi penjual di platform eCommerce, terus belajar melalui program pengembangan penjual yang pasti tersedia di platform eCommerce mana pun, jelajahi seluruh data dan insight yang ada, dan terus mencoba segala strategi untuk meningkatkan performa penjualan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

“Tidak mudah memang, tapi kesuksesan juga bukan hal yang mustahil diraih bila mau berusaha,” tutup Haikal.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


WOM Finance Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa

WOM Finance Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (“WOM Finance”), menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) da...


Pacu Integrasi Bisnis, Mandiri Capital Tuntaskan Zenith Accelerator

Pacu Integrasi Bisnis, Mandiri Capital Tuntaskan Zenith Accelerator
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu perusahaan modal ventura di bawah Mandiri Group telah menggelar Zenith Graduati...


Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kemba...


Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai

Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan otomotif Jepang Toyota, melalui anak perusahaan Toyota Chemical Engineering (TCE) tengah mengembangkan bisnis daur...