Sabtu, 17 April 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Bank OCBC NISP Catatkan Kinerja Berkelanjutan di Tengah Perlambatan Ekonomi

Posted by: 09-02-2021 19:35 WIB 235 viewer

Bank OCBC NISP Catatkan Kinerja Berkelanjutan di Tengah Perlambatan Ekonomi
Pelayanan Bank OCBC NISP. (Foto: Pasardana)

JAKARTA - Bank OCBC NISP mencatat kinerja berkelanjutan sepanjang tahun 2020 di tengah perlambatan ekonomi global dan nasional. Hingga Desember 2020, Bank mencatat pertumbuhan laba operasional sebelum beban cadangan kerugian penurunan nilai sebesar 14% YoY, tumbuh menjadi Rp5,24 T dari sebelumnya Rp4,58 T di tahun 2019. Hal ini didukung pertumbuhan pendapatan operasional sebesar 9% YoY, sementara upaya peningkatan produktivitas dan efesiensi telah berkontribusi positif, antara lain biaya operasional dengan kenaikan sebesar 2% YoY.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja mengungkapkan, Pandemi COVID-19 banyak memberikan pelajaran bagi Bank OCBC NISP, mulai dari keterbatasan mobilitas yang mendorong akselerasi digital hingga perubahan perilaku nasabah yang semakin sadar akan pengelolaan keuangan dan investasi. Fenomena tersebut menurutnya, disambut dengan mengakselerasi kemampuan perseroan untuk menghadirkan solusi perbankan yang memungkinkan nasabah individu dan korporasi mengelola keuangannya di mana saja.

“Didukung dengan kemudahan dan fleksibilitas dari layanan digital kami, serta berbagai program pemberdayaan dan edukasi untuk mendukung masyarakat menjaga kesehatan keuangannya,” papar Parwati Surjaudaja, dalam siaran media yang diterima infobrand.id, Selasa (9/2/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudahan dan fleksibilitas untuk transaksi, menabung dan berinvestasi yang ditawarkan channel digital Bank OCBC NISP terutama pada saat pandemi disambut baik nasabah, yang tercermin dari peningkatan jumlah maupun volume transaksi serta pengguna layanan. Pada layanan ONe Mobile untuk nasabah individu, terjadi peningkatan jumlah transaksi sebesar 58% YoY, volume transaksi sebesar 92% YoY, serta jumlah pengguna sebesar 41% YoY.

Lebih lanjut, nasabah juga semakin memperlihatkan kenyamanan dalam menggunakan ONe Mobile untuk berinvestasi di mana transaksi produk investasi yang dilakukan melalui ONe Mobile meningkat sepanjang tahun 2020. Kesadaran nasabah individu untuk menabung dan berinvestasi serta nasabah korporasi yang masih menunda untuk berekspansi mendorong pertumbuhan DPK Bank OCBC NISP sebesar 26% YoY, di mana dana murah atau CASA berkontribusi sebesar 42%.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di sisi lain, wealth management menjadi salah satu produk dan layanan yang dapat ditingkatkan seiring dengan berkembangnya literasi keuangan. Di tengah perlambatan ekonomi, produk investasi yang diminati adalah produk investasi dengan risiko rendah, salah satunya surat berharga negara ritel, dimana Bank OCBC NISP turut menjadi mitra distribusi.

Bank OCBC NISP menyadari bahwa kesadaran nasabah akan pentingnya menabung dan berinvestasi serta tingginya aktivitas di channel digital harus diimbangi dengan literasi keuangan dan literasi digital yang baik. Oleh karena itu, Bank OCBC NISP mengembangkan berbagai inisiatif program edukasi literasi keuangan kepada masyarakat luas secara online di antaranya melalui beragam program edukasi TAYTB di sosial media, webinar dan online gameboards.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui program tersebut, Bank terus menginspirasi dan memberdayakan masyarakat untuk memiliki semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa (TAYTB), khususnya generasi muda melalui konten-konten interaktif yang dikemas menarik dengan konsep lifestyle sehingga erat dengan keseharian anak muda Indonesia. Di 2020, program edukasi literasi keuangan ini telah diikuti oleh lebih dari 13.400 peserta.

Bank OCBC NISP juga memperhatikan kebutuhan serta tantangan yang dihadapi oleh nasabah korporasi, termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Melihat peran strategis UKM dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional meskipun terdampak pandemi COVID-19, Bank OCBC NISP terus mendampingi dan membantu nasabah melewati masa-masa sulitnya sesuai dengan arahan pemerintah agar dapat bangkit untuk mengembangkan bisnisnya bahkan berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami aktif berdiskusi dengan nasabah dan menawarkan dukungan, baik itu relaksasi maupun restrukturisasi atas fasilitas pendanaan yang dimiliki,” tambah Parwati.

Di tahun 2020, Bank OCBC NISP juga secara khusus memberikan dukungan bagi pengusaha perempuan Indonesia melalui program #TAYTB Women Warriors dengan solusi menyeluruh. Selain dukungan fasilitas pendanaan, Bank OCBC NISP juga aktif memberikan program pemberdayaan wirausaha melalui kelas edukasi online bertajuk ONPreneurship & Wtalks yang topiknya disesuaikan dengan kebutuhan maupun tantangan yang dihadapi pelaku UMKM khususnya wanita. ONPreneurship dan Wtalks rutin dilakukan satu kali dalam satu bulan dan telah diikuti oleh lebih dari 740 pelaku usaha hingga akhir tahun 2020.

Upaya Bank OCBC NISP dalam melayani nasabah dilaksanakan bersamaan dengan komitmen Bank dalam menjalankan kegiatan usahanya secara pruden. Hal ini tercermin dari rasio NPL (non-performing loan) net yang tercatat sebesar 0,8% dan NPL bruto sebesar 1,9%, berada di bawah rata-rata NPL industri perbankan. Bank juga tetap menjalankan fungsi intermediasinya dengan menyalurkan kredit sebesar Rp114,9 T hingga akhir Desember 2020. Di tengah tekanan kondisi ekonomi, Bank masih mencatatkan kinerja yang berkelanjutan dengan Laba Bersih Bank tercatat sebesar Rp2,1 T hingga akhir tahun 2020.

“Bank OCBC NISP menyambut positif tahun 2021 dengan semangat TAYTB dan fokus menjalankan strategi Bank untuk meningkatkan dana murah (CASA), melanjutkan akselerasi digital dan konsistensi menjaga kualitas kredit. Terlebih dengan milestone penting dimana Bank OCBC NISP akan genap berusia 80 tahun, kami siap memperkuat komitmen untuk menjalankan kegiatan perbankan yang bertanggung jawab, menjaga kinerja yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap sosial dan lingkungan sehingga dapat melaju jauh bersama nasabah dan berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian Indonesia untuk melalui situasi yang menantang ini,” tutup Parwati.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mamasuka Hadirkan 3 Chef Berbagi Keseruan Jelang Buka Puasa

Mamasuka Hadirkan 3 Chef Berbagi Keseruan Jelang Buka Puasa
JAKARTA - LotteMart berinovasi menghadirkan pengalaman berbeda bagi para pengunjung. Inovasi itu seperti dihadirkan di pusat belanja LotteMart Bintata...


Pos Indonesia Gandeng ICDX dan Kliring ICH bangun Ekosistem Perdagangan Fisik Emas Digital

Pos Indonesia Gandeng ICDX dan Kliring ICH bangun Ekosistem Perdagangan Fisik Emas Digital
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) melalui Aplikasi PosGO Syariah membangun Ekosistem Syariah Pertama dengan Perdagangan Fisik Emas Digital sebagai...


Genap 1 Tahun, LinkAja Syariah Punya 2,5 juta Pengguna

Genap 1 Tahun, LinkAja Syariah Punya 2,5 juta Pengguna
JAKARTA - Genap setahun sejak diluncurkan pada 14 April 2020 LinkAja Syariah mencatatkan kinerja yang signifikan. Per Maret 2021, jumlah penggunanya s...


Gelang Cerdas OPPO, Pantau Olahraga saat Puasa Ramadan

Gelang Cerdas OPPO, Pantau Olahraga saat Puasa Ramadan
JAKARTA - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan alasan malas gerak, apalagi sampai puasa berolahraga. Justru di saat puasa harus tetap menja...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS








Index
Elnusa