Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BAF Bagikan Strategi dan Peluang Usaha Baru di Awal Tahun

Posted by: 1926 viewer

BAF Bagikan Strategi dan Peluang Usaha Baru di Awal Tahun
Dok. PT Bussan Auto Finance

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Masa pandemic yang berlangsung hamper 2 tahun ini memiliki banyak dampak bagi seluruh sektor, tidak hanya menengah atas namun menengah bawah pun terkena imbasnya. Banyak beberapa perushaaan harus memutar otak Kembali agar bisa bertahan dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan baik itu melakukan inovasi terbaru, promosi dan menjual produknya agar bisa menarik minat masyarakat.

Salah satunya adalah perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan dengan berkonsentrasi kepada pembiayaan sepeda motor YAMAHA. BAF memiliki salah satu acara dalam mempertahankan keeksisannya di dunia bisnis dengan meng-accelerate digitalisasi dalam semua lini proses yang ada di perusahaan agar mampu beradaptasi dengan kondisi new normal. Selain itu, BAF juga melakukan optimalisasi pada platform digital lainnya seperti website dan social media serta berkolaborasi dengan stakeholder terkait.

Dalam wawancara dengan infobrand.id, Pangestu Wibowo selaku Head Of Marcom and Branding PT. Bussan Auto Fianance (BAF) menyatakan beberapa ulasan mengenai strategi perusahaan dalam membangun citra diri Kembali di masa pandemic ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ia menyatakan “Selain perbaikan proses akuisisi konsumen dan optimalisasi penggunaan BAF Mobile, BAF menjalankan strategi penjualannya dengan memperluas jaringan distribusi serta pangsa pasar dengan memanfaatkan berbagai channel pemasaran yang diantaranya adalah platform digital, baik social media, website perusahaan maupun kombinasi dari keduanya. Penggunaan Customer Relationship Management System juga menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan engagement dengan konsumen sehingga diharapkan dapat meningkatkan target Repeat Order.”

Selain itu, Strategi lain yang tak kalah pentingnya dilakukan adalah dengan account maintenance/penanganan collection juga dilakukan oleh BAF. Terutama untuk menangani konsumen yang kapasitas bayarnya menurun akibat pandemi, antara lain dengan risk based collection assignment yang memaksimalkan penggunaaa tele collection untuk mengurangi interaksi langsung dengan konsumen, memaksimalkan pembayaran melalui online payment serta monitoring yang kuat dengan mobile collection system.

Selanjutnya untuk pemasaran produknya sendiri selama masa sulit ini, Pangestu menambahkan “BAF menetapkan langkah strategis untuk memasarkan produk dan layanannya dengan mengoptimalkan penggunaan multi-channel marketing, mulai dari Above The Line melalui media cetak dan Out of Home (OOH), Below The Line (melalui email marketing & telemarketing), dan Through The Line (media sosial dan event). Dengan ini diharapkan dapat memperkaya strategi pemasaran BAF dengan beragam pendekatan ke konsumen sehingga menjadi lebih efektif.” Jelasnya.

Perlu diketahui dalam masa sulitnya beraktifitas sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor YAMAHA, BAF meluncurkan inovasi baru yakni BAF x Yamaha Year End Sale. Melalui program tersebut, BAF menawarkan tiga skema cicilan, yakni Promo Diskon 2x Cicilan, Promo Diskon Cicilan senilai Rp35.000,-/bulan, dan Promo Diskon Cicilan senilai Rp48.000,-/bulan.

Promo Diskon 2x Cicilan dikhususkan bagi konsumen yang ingin membeli motor Yamaha tipe NMAX dan Aerox Series dengan skema tenor 35 bulan. Nantinya, konsumen akan mendapatkan potongan tenor dari 35 bulan menjadi 33 bulan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Respon masyarakat pun sangat puas dengan hadirnya program baru dari BAF, Pangestu mengungkapkan Aerox sangat diminati oleh konsumen, sehingga penjualan meningkat  12,5% dari bulan sebelumnya, dimana untuk di type nmax serta Aerox kenaikan sebesar 15%, dan kontribusi didominasi oleh 2 type tersebut yakni sebesar 70%. Saat ini kondisi stok Yamaha di type areox mengalami kekosongan unit, atau sedang indent.

Selain itu, untuk beberapa promo yang akan datang. BAF akan meluncurkan di bulan Februari – Maret  “Cinta Bersemi bersama Fazzio”, bulan April “Sucikan Hati bersama keluarga Maxi”, bulan Mei “Sambut hari kemenangan dengan Maxi kebanggaan”, bulan Agustus hadir program “PAMER"( Paket Merdeka ) BERSASMA FAZZIO”, pada bulan September hadir “ SILVER PROMO "THINK OUTSIDE THINK FAZZIO" dan di bulan Desember akan hadir pula program baru bernama “GELEGAR R- SERIES DI TAHUN BARU”.

Selama pandemi berlangsung, BAF terus berinovasi dan beradaptasi dengan mengkonversikan format pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara offline menjadi online (virtual), contohnya BAF Festival dan BAF Flash Deal yang dapat diakses melalui www.baf.id/event. Pemanfaatan  lini digital salah satunya BAF media sosial (Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan TikTok), website BAF, aplikasi BAF Mobile, LINE dan BAF WA Business juga lebih dimaksimalkan selama pandemi mengingat adanya pembatasan kegiatan di luar rumah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023

Apresiasi Perusahaan dan Brand Sukses Jalankan Digital PR, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Digital PR Award 2023
INFOBRAND.ID - Aktivitas Public Relation (PR) tidak dapat dipisahkan dalam keberlangsungan bisnis dan perusahaan. Sebab PR memiliki peran penting dala...


Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023

Bantu Brand Optimalkan Marketplace, INFOBRAND.ID Hadirkan Top Official Store Award 2023
INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi digital dan pandemi covid-19 telah meningkatkan aktivitas belanja online di kalangan masyarakat. Meningkatnya po...


INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian penting d...


Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022

Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022
INFOBRAND.ID-Sejak terjadi pandemi yang berlangsung mulai tahun 2020, aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang. D...