Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

500 Brand Champions

Posted by: 3980 viewer

500 Brand Champions
Founder INFOBRAND.ID, Tri Raharjo

Satu dekade terakhir terjadi perubahan behaviour masyarakat atas akses perolehan informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam memperoleh informasi. Sinyalemen tersebut terlihat dari makin melorotnya tiras sejumlah media cetak. Bahkan industri media mulai melakukan transformasi dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai instrumen menyampaikan informasi. 

Teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat mengetahuinya. Kini eranya telah berubah. Gelombang informasi  membuat masyarakat  berselancar dengan  teknologi internet (cyber) dengan begitu cepat. Dunia bagaikan global village yang berada di genggaman tangan.

Fenomena demikian berimplikasi pada perubahan pola dalam membangun brand. Bila pada gelombang ke-3 informasi, para pelaku usaha membangun  brand dengan mengandalkan kekuatan iklan melalui media massa, seperti cetak, elektronika (tv dan radio) dan media luar ruang. Pada era itu, brand-brand yang masuk kategori top of mind sulit digeser dengan brand pendatang baru.

IKLAN INFOBRAND.ID

Namun demikian, pakem tersebut tidak selamanya benar. Memasuki era gelombang ke-4 dengan teknologi digital merontokkan konsep dalam membangun brand. Betapa tidak, saluran informasi – sebagai  salah satu kekuatan instrumen membangun  brand, membuat para pemilik brand dituntut kepiawaiannya berakrobatik menyusun langkah pemasarannya untuk memenangkan pasar.

Saat ini menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sepanjang tahun 2017 lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet. Kepemilikan  smartphone terus meningkat. Tak kurang kini pengguna smartphone di Indonesia mencapai 100 juta jiwa. Tren demikian memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen. Perubahan perilaku tersebut terutama didorong oleh perkembangan media sosial, e-commerce, dan sharing economy.

Pun  pembahasan  konsep membangun  brand di kalangan generasi milenial seperti sekarang semakin luas. Banyak hal yang perlu dikaji kembali.  Misalnya,  unsur-unsur best brand dengan mempertimbangkan kondisi sekarang. Dulu, konsumen banyak dipengaruhi oleh iklan tv  maupun cetak sehingga porsi brand awareness dan ad awareness tinggi. Sekarang  hal itu bergeser. Kontribusi ad awareness tidak sebesar dulu lagi dalam menyumbang penilaian merek-merek terbaik.

Setiap tahun muncul brand-brand champion di setiap kategori produk/jasa. Kinerja brand mereka diapresiasi berbagai lembaga riset dan media.  Berangkat dari hal tersebut, INFOBRAND.ID  menggagas, Annual Brand Catalogue “500 Brand Champions” di Indonesia.

Annual Brand Catalogue  “500 Brand Champions” merupakan  rujukan  brand  selama satu tahun terakhir dan  sebagai arena publikasi brand .  Bagi calon konsumen, kehadiran Katalog ini  memudahkan mereka  dalam  memilih  produk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di sini akan diungkap bagaimana mereka menjadi  juara. Ada sisi insight digabungkan dengan profile masing-masing pemilik brand.  Tentang bagaimana  mencapai keberhasilan? Bagaimana upaya  membangun brand sejak berdirinya?  Seperti apa kegiatan  pemasaran offline  dan  bagaimana  aktifitas digital marketingnya? Dan seterusnya, hingga ditemukan bahwa brand tersebut benar-benar layak disebut CHAMPION.[]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...